Home / Hukrim / Jalin Kerjasama, DPRD Teken MoU dengan Polrestro Tangerang Kota

Jalin Kerjasama, DPRD Teken MoU dengan Polrestro Tangerang Kota

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo dan Kapolres Metro  Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho perlihatkan MoU.

CNNBanten.id – DPRD Kota Tangerang melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau penandatanganan nota kesepakatan kerjasama dengan Polres Metro (Polrestro) Tangerang Kota.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengatakan, penandatanganan MoU kerjasama DPRD Kota Tangerang dengan Polres Metro Tangerang Kota dilakukan untuk bekerjasama dalam bantuan pengamanan dan pembentukan produk hukum.

Pertama dalam bidang pengamanan di lingkungan Sekretariat DPRD, kedua terkait produk-produk Perda.

“Ini memang sangat diperlukan dengan adanya perkembangan zaman dan adanya zona hukum yang berkembang, seperti yang telah disampaikan oleh Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho terkait dengan kamtibmas, seperti masalah miras dan penyalahgunaan narkoba,” ujar Gatot, usai penandatangan MoU di ruang Rapat Paripurna, Selasa (18/7/2023).

Menurut Gatot, hal itulah yang perlu di upayakan kerjasama antara DPRD dan Polres Metro Tangerang Kota. Nanti DPRD akan melakukan diskusi apa yang menjadi masukan dari pihak kepolisian tentang beberapa perda.

“Apakah perda terkait perlu ada penyegaran-penyegaran seperti yang telah disampaikan oleh Kapolres tentang perda miras yang hanya sampai penjual miras saja tidak sampai pembeli mirasnya,” katanya.

Dikatakan Gatot, DPRD punya satuan pengamanan (Satpam), yang mana walaupun bagian dari pemerintah, mereka bertugasnya di wilayah DPRD, jadi pelatihan khusus sangat diperlukan untuk mereka. Tentunya nanti melalui kesekretariatan DPRD yang meng-upgrade kapasitasnya.

“Karena walaupun ini di dalam gedung Pemkot tapi ini terpisah, jadi ada dibawah Sekwan DPRD, jadi itu yang menjadi harus adanya kerjasama dengan pihak kepolisian. Nanti kita akan minta Sekwan melakukan konsultasi dengan pihak Kepolisian,” ucapnya.

Sedangkan, terkait Perda, politisi PDIP ini mengaku akan minta bagian Bamperda melakukan diskusi dengan pihak kepolisian mengenai aturan perundang-undangan, yang memang perlu adanya penyegaran Perda di Kota Tangerang.

Dengan adanya MoU ini, Gatot berharap DPRD dan Polres bisa saling memberikan masukan dan informasi didalam Kamtibmas. Nantinya dari Kepolisian bisa memberikan masukan untuk DPRD dalam membuat perda-perda.

“Jadi nanti dibagian perda-perda melakukan konsultasi dengan Kepolisian mengenai isu-isu hangat yang ada di tengah lingkungan masyarakat,” papar Gatot.

Sementara, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap DPRD Kota Tangerang yang telah membuat suatu terobosan tentang kerjasama dalam bantuan pengamanan dan pembentukan produk hukum.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada DPRD Kota Tangerang, semoga dapat meningkatkan kerjasama antara DPRD Kota Tangerang dengan Polres Metro Tangerang Kota, yang selama ini sudah berjalan,” kata Kapolres.

Selain itu, dalam isi nota kesepahaman ada beberapa point yang menjadi pembahasan dalam paripurna, antara lain adanya pertukaran data informasi, bantuan pengamanan, kemudian pembuatan produk hukum, peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) dan beberapa kegiatan lain yang telah disepakati.

“Semoga dengan ditandatangani MoU ini akan tercapai kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Serta menghasilkan produk hukum yang dapat mengimbangi dinamika perkembangan di masyarakat serta mendapatkan legitimasi hukum dari masyarakat luas,” pungkas Kapolres. (dra)

About admin

Check Also

Mengaku Sakit Hati, Pria Tusuk Teman Kerja Gunakan Pisau Ditangkap Polisi Polsek Pakuhaji kurang dari 1×24 Jam

TANGERANG — Seorang karyawan menjadi korban penganiayaan dengan cara ditusuk mengunakan sebilah pisau terjadi di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!