Home / Tangerang Raya / Rangkaian Lomba di Festival Al-A’zhom Di Kota Tangerang Kembali Digelar, Ramai Diserbu Pendaftar

Rangkaian Lomba di Festival Al-A’zhom Di Kota Tangerang Kembali Digelar, Ramai Diserbu Pendaftar

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin memotong pita tanda di buka acara festival al-a’azhom 2023 di Kota Tangerang.

TANGERANG – Satu dekader berjalan, Festival Al-A’zhom 2023 kembali digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 H. Diselenggarakan di Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang pada 18-30 Juli 2023 mendatang, Festival Al-A’zhom Kota Tangerang dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang bergengsi, mulai untuk anak-anak, remaja, sampai yang terbuka secara umum untuk warga Kota Tangerang.

Ketua Pelaksana Festival Al-A’zhom 2023, Ikhwan Sukirman menuturkan, berbagai perlombaan tersebut berhasil menarik minat pendaftar secara antusias. Meliputi, lomba marawis, lomba mewarnai, lomba adzan, lomba bintang vocalis, lomba tahfidzul qur’an, lomba stand up comedy islami, lomba qosidah, lomba hadroh, lomba da’i, sampai lomba kaligrafi kontemporer.

“Berbagai kegiatan perlombaan sengaja ketika rancang secara kreatif di Festival Al-A’zhom 2023 ini. Selain untuk melestarikan tradisi-tradisi Islami, juga sebagai syi’ar Islami yang kreatif di Kota Tangerang,” ujar Ketua Pelaksana Festival Al-A’zhom 2023, Ikhwan Sukirman, Selasa, (18/7/23).

Ia melanjutkan, Panitia Festival Al-A’zhom 2023 saat ini telah menampung puluhan pendaftar dari setiap cabang perlombaan. Berdasarkan data yang telah terkumpul, terdapat peningkatan antusias dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sesuai dengan target yang telah ditentukan untuk memeriahkan jalannya Festival Al-A’zhom 2023 yang akan berjalan sampai sepekan kedepan.

 

“Berdasarkan data yang telah terkumpul, lomba hadroh terdapat 32 peserta, marawis terdapat 13 peserta, adzan terdapat 51 peserta, da’i terdapat 46 peserta, tahfidzul qur’an terdapat 84 peserta, stand up comedy islami terdapat 5 peserta, qosidah terdapat 20 peserta, dan bintang vocalis terdapat 30 peserta,” lanjutnya.

Selain itu, antusiasnya yang besar dari para pendaftar ini membuktikan keberadaan Festival Al-A’zhom 2023 telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Tangerang. Harapannya, semua rangkaian lomba akan berjalan secara lancar, serta mampu meningkatkan syi’ar Islam dan kemakmuran Masjid Raya Al-A’zhom Kota Tangerang.

Festival Al-‘azhom dibuka secara langsung oleh Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah.

Dalam kesempatannya, Arief, mengungkapkan, Festival Al-Azhom tersebut merupakan wujud dari kreasi dan inovasi para pemuda remaja masjid di Kota Tangerang. Untuk itu, dirinya ingin agar festival yang telah memasuki tahun kesepuluh ini dapat menjadi inspirasi serta semakin meningkatkan kreatifitas para pemuda utamanya para remaja masjid di Kota Tangerang.

Kita semua, lanjut Arief, ingin agar festival ini dapat mendorong ruang-ruang kreatifitas para remaja masjid untuk terus berinovasi, berkreasi serta berkegiatan positif. Di mana di festival ini ada banyak kegiatan-kegiatan inspiratif seperti seni budaya, keagamaan dan juga bazar UMKM asli Kota Tangerang, sehingga para pemuda ini diharapkan dapat ikut serta dan berpartisipasi untuk mengembangkan diri.

“Karena para pemuda adalah pemimpin kita di masa depan, di tangan merekalah nanti bangsa kita akan dipimpin menuju generasi Indonesia Emas Indonesia 2045.” tutur Arief, dalam sambutannya saat pembukaan acara di Masjid Al-Azhom Kota Tangerang.

Terlebih, lanjut Arief, acara pembukaan Festival Al-Azhom tersebut juga dirangkai dengan pelantikan Pengurus Paripurna Pemuda Remaja Masjid se-Kota Tangerang serta pelantikan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Al-Ittihad Kota Tangerang.

“Ke depannya kita ingin agar para pemuda dan remaja mesjid dapat terus didorong berkegiatan positif di masjidnya masing-masing, makanya saya harap para pengurus baru dari remaja mesjid se-Kota Tangerang ini dapat mengajak dan menginspirasi para pemuda lain untuk berkegiatan positif sekaligus memakmurkan masjid di lingkungan masing-masing karena di Kota Tangerang ini kan ada banyak sekali masjid,”

“Termasuk masjid bersejarah kita, masjid agung Al-Ittihad, cikal bakal masjid Al-Azhom ini. Mungkin ke depan bisa dibuat juga Festival Al-Ittihad. Semoga dengan terbentuknya DKM baru ini juga dapat semakin memakmurkan tidak hanya masjidnya tetapi juga jemaahnya, terutama para remaja masjidnya 6 dapat terwujud masyarakat Kota Tangerang yang barokah dan berakhlakul karimah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Arief, turut mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk hadir memeriahkan festival yang digelar mulai dari tanggal 18 hingga 30 Juli 2023.

“Alhamdulillah, sudah resmi dibuka, 1 dekade Festival Al-Azhom, untuk seluruh masyarakat silakan hadir dan ikut meriahkan karena akan ada banyak kegiatan mulai dari syiar keagamaan, pameran seni budaya, kuliner UMKM dan masih banyak lagi,”

“Termasuk yang paling menarik adalah Pameran Artefak Rasulullah yang ada di gedung MUI, yang baru saja kita gunting pita dan kita buka juga. Silakan pada hadir agar semakin dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan kita kepada Rasulullah dan juga kepada Allah SWT,” tukas wali kota. (Adv)

About admin

Check Also

Disbudpar Kota Tangerang Kembali Hadirkan Festival Mookervaart 2024 Akhir Bulan Ini

TANGERANG – Gelaran Festival Mookervaart dipastikan akan kembali meramaikan geliat kebudayaan di Kota Tangerang. Ya, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!