Home / Politik / Wakil Ketua MPR, Bhineka Tunggal Ika Bagian Dari Empat Pilar MPR RI

Wakil Ketua MPR, Bhineka Tunggal Ika Bagian Dari Empat Pilar MPR RI

Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan MM. MBA.

Bogor – Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan MM., MBA melakukan sosialisasi empat pilar MPR RI bersama Masyarakat, tokoh masyarakat, pemuda dan kader partai demokrat yang bertempat di Jl. Kampung kaum, desa Parigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat pada 24 Mei tahun 2024. Acara tersebut membahas tentang Mewujudkan Harmoni dalam Keberagaman melalui Bhineka Tunggal Ika sebagai bagian dari Empat Pilar MPR RI.

Dalam sosialisasi tersbut, Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan MM., MBA menyampaikan bahwa :

“Dalam perjalanan menuju ke arah sebuah masyarakat yang inklusif dan harmonis, Indonesia terus meneguhkan prinsip “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya “Berbeda-beda namun tetap satu sebagai pilar utama dalam memelihara keragaman budaya, agama, dan etnisitas.” Ucapnya membuka sosialisasi tersebut.

“Sebagai negara dengan lebih dari 17.000 pulau dan beragam kelompok etnis, agama, dan budaya, Indonesia mengangkat Bhineka Tunggal Ika sebagai semangat persatuan dan keragaman yang harus dijunjung tinggi.” tambahnya

“Menghargai keberagaman adalah landasan kuat dalam membangun masyarakat yang adil, sejahtera, dan damai. Melalui sikap terbuka dan pengertian terhadap perbedaan, masyarakat Indonesia membangun fondasi yang kokoh bagi kerjasama, toleransi, dan kemajuan bersama. Dalam konteks ini, penting untuk diakui bahwa keberagaman adalah kekayaan, bukanlah kerugian, dan bahwa keberagaman tersebut harus dipelihara dan diperkuat.”

Dalam sosialisasi tersebut, Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan MM., MBA juga menyampaikan aspek – aspek penting dalam mewujudkan harmoni dalam keberagaman

“Salah satu aspek penting dalam mewujudkan harmoni dalam keberagaman adalah melalui penguatan dialog antar kelompok.”

“selain itu, Pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, dan masyarakat sipil memiliki peran yang penting dalam mempromosikan sikap inklusif dan menggalang kerjasama lintas sektor untuk mendorong keberagaman yang lebih baik.” ucapnya

Dalam penutupnya, Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan MM., MBA mengajak untuk menghadapi perbedaan dari adanya keberagaman dengan solidaritas dan persatuan.

“Dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan konflik, solidaritas dan persatuan di tengah keberagaman adalah kunci untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan damai. Melalui Bhineka Tunggal Ika, Indonesia menunjukkan kepada dunia bahwa harmoni dalam keberagaman bukanlah hanya impian yang idealis, tetapi sebuah realitas yang dapat diwujudkan melalui komitmen bersama untuk saling menghargai, menghormati, dan bekerja sama.”

“Mari kita bersama-sama jadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan bagi kemajuan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, di mana setiap individu, tanpa memandang latar belakangnya, dapat hidup dalam damai, sejahtera, dan harmoni.” Tutupnya dalam acara sosialisasi tersebut. (Ger)

About admin

Check Also

Wakil ketua MPR Sjarifuddin Hasan, Memahami Makna Bhinneka Tunggal Ika

CIANJUR — Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) melalui wakil ketua MPR RI yaitu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!