Home / Hukrim / Santri Pondok Pesatren Al Iklas Diajak Paham Sidang Tahunan MPR RI

Santri Pondok Pesatren Al Iklas Diajak Paham Sidang Tahunan MPR RI

Wakil Ketua MPR RI sjarifuddin Hasan.

CNNBanten.Id- Wakil Ketua MPR RI sjarifuddin Hasan, bersama masyarakat, santri dan keluarga Pondok Pesatren Al Iklas Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah, menggelar kegiatan Dengar Pendapat tentang sidang tahunan MPR RI pada tanggal 05 Desember 2022.

Dalam kegiatan tersebut Sjarifuddin Hasan bertemu dengan santri dan pengurus pondok pesantren Al Iklas, salah satunya Ustad M. Syahmi. Sjarifuddin Hasan atau biasa disebut syarief Hasan menjelaskan tentang sidang tahunan MPR tersebut.

“Sidang ini merupakan sebuah konvensi ketatanegaraan. Konvensi ketatanegaraan sendiri merupakan kegiatan yang muncul dalam praktik penyelenggaraan negara. Sejak tahun 2015 MPR sudah melakasanakn sidang tahunan untuk menjadi fasilitas bagi lembaga negara dalam menyampaikan laporan kinerjanya kepada masyarakat,” ujarnya disela sela kegiatan dengar pendapat masyarakat (DPM) Ke – III sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Sjarifuddin mengatakan,
perlunya sebuah fasilitas lembaga negara dalam penyampaian kinerjanya kepada masyarakat umum sebagai bentuk transparansi kepada publik.

Selain itu sjarifuddin hasan juga menyampaikan perlunya kita sebagai masyarakat melek dan menilai apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk kebijakan kebijakan yang telah dikeluarkan bagi kepentingan publik.

” Di sini kita sebagai masyarakat, santri, pelajar, generasi muda dan lainnya perlu agar memperhatikan, mendampingi, mengulas tentang setiap kebijakan dan kegiatan yang dilakukan oleh sebuah lembaga,” imbuhnya.

“Apalagi sebuah lembaga negara yang dimana harus mempertanggungjawabkan setiap kegiatan, keuangan dan opininya kepada publik karena kita merupakan lembaga yang bertanggung jawab terhadap kepuasan rakyat, masyarakat harus jadi mata yang mengawasi bagi kegiatan pemerintah supaya tidak adanya penyelewengan salah satunya dengan adanya kegiatan sidang tahunan mpr ini, dimana masyarakat bisa menilai keefektifan kegiatan di MPR atau bahkan bisa melaporkan apabila ada yang tidak sesuai,” tambahnya.

Sebagai masyarakat tentu kita harus bisa menganalisis setiap kebijakan dari sebuah lembaga negara. Sjarifuddin hasan menekankan agar masyarakat bisa melaporkan apabila ada kegiatan yang menyimpang. Selain itu beliau juga mengajak masyarakat , santri dan pengurus pondok pesantren Al Iklas kelurahan babakan pasar bogor tengah agar mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh lembaga negara khususnya oleh MPR RI agar tidak ada penyimpangan. (Ger)

About admin

Check Also

UPT Samsat Cikokol Tak Mematok Tarif Parkir Kendaraan

TANGERANG – UPTD Samsat Cikokol melalui Bapenda Provinsi Banten terus melakukan terobosan setiap tahunya. Salah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!