Home / Ekonomi / Ikut Sosialisasi Sidang Tahunan, Santri Pondok Pesantren Gelar Diajak Berkontribusi

Ikut Sosialisasi Sidang Tahunan, Santri Pondok Pesantren Gelar Diajak Berkontribusi

Wakil Ketua MPR RI sjarifuddin Hasan

CIANJUR – Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan menyebut santri juga bisa berkontribusi terhadap suksesnya laporan sidang tahunan MPR RI.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan saat kegiatan DPM KE IV, di Pondok Pesantren Gelar yang berada di Desa Peuteuycondong, kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, 7 Desember 2022 lalu.

” Santri juga bisa berkontribusi atau membantu kami sebagai lembaga negara dalam menajalankan tugasnya. Yaitu dengan menjadi pengawas yang akan mengevaluasi setiap kegiatan dari laporan yang sudah disampaikan,apakah ada penyelewengan atau tidak,” imbuhnya.

“Nah peran santri sebagai pengevaluasi sama dengan peran masyarakat dalam mengawal terlaksananya kegiatan sebuah lembaga negara dengan baik,” tambahnya seraya berinteraksi dengan para santri.

Dalam melaksankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai lembaga negara, MPR RI juga butuh pengamat dari masyarakat sebagai seorang pengawas yang membantu mengevaluasi setiap kegiatan yang dilaksanakan.

” Rakyat sebagai pemegang kedaulatan diberikan ruang untuk mengakses informasi, termasuk informasi tentang kinerja lembaga – lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat” tambah syarif hasan.

Sebagai salah satu tenaga pengajar di pesantren gelar Cianjur, Ust. Zein Syahril menyampaikan pendapatnya kepada syarief hasan tentang kontribusi dan stigma santri terhadap sidang tahunan MPR RI

” Tentu sebagai santri, kita pasti dapat stigma dari luar mungkin kita gaakan paham tentang ini, tapi di sisi lain Alhamdulillah kita dapat edukasi dari pertemuan ini bukan hanya saya tapi semuanya termasuk santri juga teredukasi dengan baik tentang sidang tahunan MPR RI ini sebagai bentuk akuntabilitas sebuah lembaga negara kepada publik, itu sangat baik sehingga publik tidak akan berpendapat negatif kepada lembaga negara. Kita juga sebagai santri bisa apabila sudah paham tentang ketatanegaraan bisa berkontribusi terhadap kelembagaan negara”. Ujar zein kepada semua yang hadir.

” Saya harap, para santri di sini bisa teredukasi dengan baik tentang ketatanegaraan khususnya bentuk transparansi lembaga negara dengan adanya sidang tahunan ini, bisa saja salah satu dari semua yang ada di sini generasi penerus bangsa dari para santri bisa menjadi salah satu yang duduk dan membuat kebijakan negara. Santri tentu juga bisa berkontribusi terhadap berjalannya sidang tahunan ini dengan cara jadi pengamat terlebih dahulu dan evaluasi apa yang dapat dipahaminya.” Ucap syarief Hasan

Dalam ucapannya tersebut, syarief hasan mengajak santri agar bisa berkontribusi dalam bertatanegara yang baik sebagai generasi penerus bangsa yang memegang tanggung jawab kedepannya. (Ger)

About admin

Check Also

Sachrudin Sebut Masa Depan Bangsa Ada di Tangan Pemuda

CNNBanten.id – Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin menyebut bahwa pemuda merupakan aset terbesar yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!