Home / Tangerang Raya / Dinkes Kabupaten Tangerang Siapkan 12 Pos Kesehatan

Dinkes Kabupaten Tangerang Siapkan 12 Pos Kesehatan

POSKO : Petugas Satlantas Polres Kota Tangerang sedang mengatur arus lalu lintas mudik jelang Lebaran Idul Fitri, Minggu (26/5/2019), Foto : Humas

CNNBANTEN.ID TANGERANG – Persiapan mudik lebaran 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menyiapkan 12 titik posko kesehatan. Posko tersebut tersebar di berbagai titik, mulai dari jalur protokol ataupun jalan tol.

Rencananya posko kesehatan tersebut akan beroperasi mulai 29 Mei mendatang.

Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang Desriana Dinardianti mengatakan, posko kesehatan ini mulai dioperasikan pada H-7 hingga H+7 Idul Fitri. “Posko tersebut akan buka 24 jam dibantu dari petugas puskesmas dan rumah sakit,” kata Desriana kepada wartawan melalui telepon, Minggu (26/5).

Desriana menyebutkan, masing-masing posko nantinya ditempatkan satu dokter umum, dua orang perawat, dan satu unit mobil ambulans. Kepolisian dan Dinas Perhubungan nanti juga dilibatkan. “Kalau kurang fit, silakan mampir ke posko kesehatan, jangan paksakan berkendaraan,” ucapnya.

Berdasarkan rencana, Kata Desriana, posko kesehatan itu akan dibuka di Jalan Raya Tangerang-Serang tetapnya di Kecamatan Jayanti, pintu tol Balaraja Barat, Kecamatan Balaraja, pintu gerbang Citra Raya, Kecamatan Cikupa, Plaza Kotabumi, Kecamatan Pasar Kemis dan pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Pantai Pulau Cangkir, Kecamatan Kronjo dan Mardi Gras, Kecamatan Cikupa. Ketujuh posko kesehatan itu, Lanjut Desriana, juga bekerja sama dengan Kepolisian Resor Kota Tangerang karena tersebar di wilayah hukum Polresta Tangerang yang bermarkas komando di Tigaraksa dan di bawah wilayah hukum Kepolisian Daerah Banten. “Jadi disetiap posko kesehatan itu, selain petugas medis juga ada anggota kepolisian,” ungkapnya.

Desriana menambahkan, untuk posko kesehatan tol Bitung, Kecamatan Cikupa, Aeon Mall, Kecamatan Pagedangan, dan Summarecon, Kecamatan Kelapa Dua bekerja sama dengan Polres Kota Tangerang Selatan (Polres Tangsel). Kenudian, Satu posko kesehatan di Tanjung Pasir, Keamatan Teluknaga yang masuk masuk wilayah Polres Metro Tangerang. “Jadi 12 posko kesehatan yang tersebar di beberapa kecamatan se-Kabupaten Tangerang bekerja dengan tiga Polres,” tutupnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol Ari Satmoko mengatakan, Satlantas Polresta Tangerang menyiapkan 12 posko bersama dengan Dinkes dan Dishub Kabupaten Tangerang. Selain itu, untuk mengurai kemacetan saat arus mudik dan balik, pihaknya meyiapkan beberapa skema. Salah satu skema itu akan diterapkan skema kanalisasi. Menurutnya, kanalisasi lalu lintas adalah pemusatan titik penyebrangan orang pada satu titik sehingga bisa mengurangi kemacetan. “Skema itu diterapkan terutama di titik rawan kemacetan seperti Pasar Cikupa dan Pasar Gembong,” kata Ari.

Menurut Ari, sarana dan prasarana pendukung kegiatan lalu lintas juga turut disiapkan. pihaknya sudah menyiapkan peraga rekayasa lalu lintas dan memasang beberapa kamera CCTV di titik rawan kemacetan. Nantinya, pantauan CTTV akan dipusatkan di posko pelayanan Citra Raya, Kecamatan Cikupa. “Bagi pemudik yang ingin beristirahat, silahkan beristirahat di posko-posko yang sudah kami dirikan,” pungkasnya. (Duy)

About admin

Check Also

Dinas Kominfo Kota Tangerang Juara I Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Banten 2023

TANGERANG – Kembali menorehkan penghargaan di tingkat provinsi, Pemerintah (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!