Home / Politik / KPPS DIMINTA CERMAT DAN TELITI MENGISI FORMULIR

KPPS DIMINTA CERMAT DAN TELITI MENGISI FORMULIR

MENUNJUKAN – Ketua PPK Gunungkencana, Juli saat memberikan tata cara pencoblosan dan yang lainnya pada acara Bimtek KPPS, di kecamatan setempat, Jumat (12/4/2019)

CNNBANTEN.ID LEBAK – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diminta cermat dan teliti mengisi berita acara dan catatan hasil penghitungan suara (formulir model C dan C1)  di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019. Hal tersebut, agar pelaksanaan pesta demokrasi tersebut bisa berjalan sesuai harapan.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunungkencana, Juli mengatakan, peran KPPS sangat penting dalam proses penghitungan dan rekapitulasi suara. Sebagai mana diketahui, KPPS ini merupakan salahsatu ujung tombak suksesnya Pemilu 2019.”Maka dari itu KPPS harus cermat dan teliti mengisi semua formulir yang ada di TPS. Ya, mulai dari C, C1 sampai C7. Sebab, kalau tidak teliti kemudian salah satu angka saja salah mengisi kemudian digugat bisa menyebabkan PSU,” kata Juli, Jumat (12/4/2019).

Secara keseluruhan, katanya PPK telah memberikan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara kepada KPPS. Tujuannya agar setiap KPPS yang bertugas di TPS memahami tugasnya.” Dalam bimtek kepada KPPS, KPPS diberikan pemahaman rinci mengenai tugas masing-masing KPPS. Mulai tata cara pencoblosan, cara menghitung dan mencatat surat suara ke dalam plano, pengunguman dan penyampain hasil penghitungan suara, dan tata cara pemungutan dan penghitungan suara ulang,”paparnya.

Dari hasil Bimtek, kata Juli masih ada KPPS yang belum mengetahui mngenai tata cara pencoblosan, surat suara sah dan tidak sah, serta berapa jumlah saksi yang ada di TPS.”Untuk saksi itu 44 orang terdiri dari 26 saksi DPD, 16 saksi partai politik, dan 2 saksi Calon Presiden dan Wakil Presiden. Namun, Tidak ada saksi calon legislatif karena sudah masuk ke parpol,” ujarnya.

Dengan bimtek yang telah diberikan,  Juli berharap KPPS bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan lancar.”Kami harap kawan-kawan KPPS dapat bertugas dengan teliti, cermat dan sesuai aturan yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Ketua KPU Lebak Ni’matulah, menyambut baik upaya yang dilakukan PKK dalam memberikan bimtek kepada KPPS. Menurutnya, pentingnya bimtek dilakukan agar KPPS ini benar – benar memahami tupoksinya.”Selain pengawas TPS, KPPS juga merupakan ujung tombak untuk mensukseskan Pemilu serentak yang akan di gelar pada tanggal 17 April 2019,” punkasnya. (bon)

About admin

Check Also

Fraksi-fraksi DPRD Banten Apresiasi Rancangan Perubahan APBD Tahun 2021

CNNBanten.id – Sejumlah fraksi di DPRD Banten menunjukkan dukungan terhadap Rancangan Perubahan APBD Pemerintah Provinsi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!