Home / Banten Raya / Aplikasi Siwaslu Diklaim Mampu Maksimalkan Pengawasan

Aplikasi Siwaslu Diklaim Mampu Maksimalkan Pengawasan

 


CNNBANTEN.ID –Untuk memaksimalkan pengawasan dalam penyajian data dan informasi pada penghitungan perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak akan menggunakan sistem laporana online yaitu menggunakan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu).

Kordinator Divisi Pengawasan Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Lebak Ade Jurkoni menjelaskan, Siwaslu ini merupakan sistem pelaporan online Bawaslu untuk memberikan kemudahan bagi pengawas  dalam menyajikan data secara cepat dan akurat yang ada di lapangan.“Ini adalah sistem pelaporan online yang digunakan pengawas TPS dalam memaksimalkan penyajian data dan informasi pada pehitungan perolehan suara di TPS. Dan aplikasi ini juga sebagai laporan setiap tahapan pemilu di TPS menyampaikan langsung ke Bawaslu RI,” kata Ade Jurkoni, Senin (1/4).

Karena sistem ini merupakan aplikasi yang menjadi sumber pengawas TPS dalam bekerja mengawasi proses penghitungan, kata Ade setiap Pengawas TPS wajib memiliki aplikasi Siwaslu tersebut.”Aplikasi ini akan dipakai pengawas TPS yang menyampaikan langsung terkait laporan setiap tahapan pemilu di TPS. Ini hukumnya wajib untuk setiap pengawas TPS memiliki aplikasi Siwaslu, dan dapat di downdload di PlayStore,” terangnya.

Salah satu peran penting pengawas TPS adalah untuk mendokumentasikan C1 Plano hasil penghitungan suara. Ade Jurkoni menambahkan selanjutnya laporan tersebut akan dilaporkan langsung ke Bawaslu RI melalui aplikasi Siwaslu, untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilu di TPS ada update laporan pengawasan dan pencegahan.“Melalui laporan dan data dokumentasi tersebut diharapkan kecurangan pemilu dapat diminimalisir. Termasuk apabila terjadi perubahan data dalam proses pemilu, akan dapat dilakukan dengan membandingan data awal hasil pengawasan PTPS tersebut,”tandasnya.

Ketua Bawaslu Lebak Odong Hudori mengatakan, pengawas TPS yang menjadi ujung tombak suksesnya Pemilu 2019 ini perlu dukungan salahsatunya dengan aplikasi Siwaslu. Dengan aplikasi tersebut, Odong berharap dapat memaksimalkan kinerja pengawas TPS serta dapat meminimalisir kecurangan dan terjadinya perubahan data,”ujarnya.

Kesiapan dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu yang akan digelar pada tanggal 17 April 2019 ini, menurut Odong Bawaslu sudah siap mulai dari meningkatkan Sumber Daya Manusia baik itu Panitia Pengawas Pemilu atau Panwascam maupun pengawas TPS.”Dengan kesiapan yang ada, saya pastikan pengawasan untuk mensukseskan Pemilu tahun ini sudah siap,”tandasnya.(bon)

About admin

Check Also

Berjalan di Bawah Guyuran Hujan, Warga Kota Tangerang Ramaikan Malam Pembukaan Festival Budaya

TANGERANG – Malam Pembukaan Festival Budaya Kota Tangerang tuntas digelar. Berjalan di bawah guyuran hujan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!