Home / Tangerang Raya / Optimalkan Produktivitas Kinerja Pegawai, BKPSDM Kota Tangerang Hadirkan Manajemen Stress

Optimalkan Produktivitas Kinerja Pegawai, BKPSDM Kota Tangerang Hadirkan Manajemen Stress

 

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang Jatmiko sedang sambutan saatWebinar Tangerang Government University (GORVU) memangangkat tema “Manajemen Stress.

TANGERANG –BKPSDM Kota Tangerang baru saja menyelenggarakan Webinar Tangerang Government University (GORVU) memangangkat tema “Manajemen Stress”sekira pukul 08.00-12.00 yang diikuti sekitar 400 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tangerang.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang Jatmiko menuturkan, webinar tersebut diselenggarakan dalam rangka peningkatan kualitas produktivitas kinerja pegawai, khususnya mengenai teknik pengelolaan potensi stress di lingkungan kerja. Tidak tanggung-tanggung, DKPSDM Kota Tangerang menghadirkan praktisi psikologi profesional, Diah Ayu Hariatmini, sebagai fasilitator sepanjang webinar berlangsung.

 

“Webinar kali ini bertajuk tema khusus ‘Manajemen Stress’ sesuai dengan tantangan kerja para pegawai akhir-akhir ini. Berbagai materi penting disampaikan dalam momentum ini, mulai dari pemahaman, penyebab, dampak, sampai teknis manajemen stress untuk individu dan tim di lingkungan kerja,” ujar Jatmiko selepas membuka Webinar Manajemen Stress di Graha Bakti Karya Kota Tangerang, Rabu (8/5/24).

Ia melanjutkan, Webinar Manajemen Stress dinilai relevan dengan kebutuhan para pegawai untuk beradaptasi dengan dinamika lingkungan kerja termutakhir, terutama mengoptimalisasi kinerja sebagai pelayan masyarakat. Tidak hanya itu, BKPSDM kota Tangerang juga membekali e-sertifikat bagi seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam webinar tersebut.

 

“Jalannya webinar juga terlihat sangat interaktif seperti banyak dari pegawai yang bertanya bahkan berdiskusi mengenai kesehatan mental, khususnya relevansi manajemen stress dengan produktivitas kinerja di lingkungan kerja,” tambahnya.

 

Selain itu, BKPSDM berharap Webinar Manajemen Stress dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga seluruh peserta dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan kerja masing-masing selepas mengemban ilmu dan pengalaman dari webinar tersebut.

 

“Tidak hanya webinar kali ini, kami juga mengimbau untuk seluruh pegawai agar selalu memantau pelatihan-pelatihan yang akan diberikan BKSDM Kota Tangerang untuk menambah wawasan dan pengalaman ke depannya,” pungkasnya.

 

Kegiatan webinar Tangerang Goverrnment university ini merupakan inisiasi BKPSDM dalam meningkatkan kompetensi ASN di lingkungan pemerintah kota tangerang dengan memanfaatan sistem pengembangan teritegrasi milik Pemkot Tangerang, yakni Tangerang Gorvu sesuai amanat Undang-undang  ASN N0 20 tahun 2023.

Diharapkan selain mempermudah ASN mendapatkan pembelajaran juga mempermudah sistem pelaksaan kegiatan bangkom, dari mulai pencatatan dokumentasi pelaksanaan kegiatan seperti absensi, penyampaian materi, post test, hingga bukti keikutsertaan webinar yakni terbitnya e-sertifikat yang secara otomatis akan diperoleh oleh para peserta setelah selesai mengikuti seluruh rangkaian webinar.

 

Dan tentunya sertifikat tersebut akan langsung terkoneksi dengan sistem kepegawaian milik Pemkot Tangerang yakni SIM ASN serta milik BKN yakni SI ASN sebagai support nilai Pengembangan Kompetensi bagi Indeks Profesionalitas (IP) ASN Kota Tangerang.

 

Selanjutnya untuk materi webinar, dari bidang diklat BKPSDM berupaya menyampaikan materi umum yang sekiranya diperlukan  oleh setiap ASN selain dalam pengembangan kompetensi dan pengetahuan juga dalam mendukung kinerja ASN untuk memiliki performa yang lebih baik lagi.

 

Seperti halnya dengan tema manajemen stress kali ini diharapkan para peserta nantinya memahami teknik mengelola stress pribadi dan tim di tempat kerja guna meningkatkan kinerja pribadi dan tim.

 

Dengan indikator keberhasilan pemberlajaran seperti, memahami pengertian stress individu dan tim, memahami Penyebab Stres di Tempat Kerja, memahami Dampak stress Terhadap Individu dan Tim dan memahami tanda-tanda Stress. (AdV)

About admin

Check Also

Sekda Kabupaten Tangerang Monitoring Pelaksanaan Misa Paskah di Gereja St. Odilia Citra Raya

TANGERANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid melakukan kunjungan monitoring pelaksanaan misa malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!