Home / Tangerang Raya / Perpustakaan Umum Kota Tangerang Kembali Dibuka Untuk Masyarakat

Perpustakaan Umum Kota Tangerang Kembali Dibuka Untuk Masyarakat

Kepala DPAD Kota Tangerang Sayuti sedang membaca buku di Perpustakaan usai dibuka. 

CNNBanten.id – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang membuka kembali perpustakaan umum di Jalan Printis Kemerdekaan 2 No 9 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis (9/7/2020). Tapi tetap patuhi Protokol kesehatan COVID-19 diberlakukan bagi pengunjung.

“Mulai hari ini memang pembukaan perpus umum Kota Tangerang setelah kita tutup beberapa saat karena COVID-19,” ujar Sayuti, Kepala DPAD Kota Tangerang.

Menurutnya, Perpustakaan umum ini kembali dibuka untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang yang ingin membaca maupun meminjam buku.  “Kami persilakan kepada masyarakat untuk datang ke perpus ini. Tapi dengan catatan mematuhi protokol kesehatan ya,” ucapnya.

Mulai terlihat suasana ruangan Perpustakaan umum di Cikokol beberapa pengunjung mengikuti protokol kesehatan perpustakaan umum dengan mengenakan masker, Kota Tangerang.

Dalam protokol kesehatan di perpustakaan umum tersebut, pengunjung diwajibkan mengenakan masker. Saat datang, pengunjung juga harus mengikuti pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun.  “Di sini kami sudah menyiapkan protokol kesehatan termasuk jaga jarak dan adanya ruang baca yang disekat plastik agar masyarakat lebih aman ketika membaca buku,” kata Sayuti.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan DPAD Kota Tangerang Endang Purwaningsih menambahkan, kapasitas pengunjung di perpustakaan kebanggaan warga Kota Tangerang ini mencapai 100 orang. Namun, karena pandemi Covid-19, jumlah pengunjung dibatasi 50 persen.

Suasana ruangan Perpustakaan umum di Cikokol beberapa pengunjung mengikuti protokol kesehatan perpustakaan umum dengan mengenakan masker, Kota Tangerang. “Sehingga, jumlah maksimal pengunjung untuk saat ini hanya 50 orang,” katanya.

Menurutnya, DPAD Kota Tangerang juga memfasilitasi perpustakaan online melalui aplikasi iTangerangKota. Aplikasi yang lengkap dengan berbagai koleksi buku ini dapat diunduh pengguna melalui Play Store. Sehingga, pengguna juga dapat membaca buku di rumah. “Di iTangerangKota ini ada 7.724 koleksi buku,” tutur Endang.
Mahasiswa Universitas Negeri Malang Derin Aypa menuturkan pembukaan perpustakaan umum Kota Tangerang ini dapat membantu dia untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah. Terlebih, buku di perpustakaan ini bisa dipinjam atau dibawa pulang.

“Saya sebagai mahasiswa bersyukur perpus ini bisa buka lagi. Apalagi sebagai mahasiswa akhir saya butuh referensi di sini. Saya juga merasa aman di sini karena sudah menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Suasana ruangan Perpustakaan umum di Cikokol beberapa pengunjung mengikuti protokol kesehatan.

Reza Mahasiswa STMIK Raharja Kota Tangerang menambahkan, pihaknya mengapresiasi kepada DPAD Kota Tangerang telah membuka dengan resmi perpusatkaan untuk umum. Dimana masyarakat saat ini sedang gencar-gencar gerakan membaca. ”Saya sebagai mahasiswa sangat bersyukur perpustakaan ini telah dibuka untuk masyarakat Kota Tangerang,” timpalnya.

Dirinya pun memberikan himbauan kepada masyarakat Kota Tangerang, tetap harus patuhi protocol kesehatan jika akan masuk ke ruangan perpustakaan tersebut. ”Kami harap masyarakat yang dating harus menggunakan masker, cuci tangan dan di cek suhu tubuhnya oleh petugas. Tujuan itu untuk agar kondisi pengunjung tetap terjaga kesehatanya,” terangnya.

Sebagai informasi, jadwal perpustakaan umum Kota Tangerang ini dibuka selama Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB. Sedangkan Sabtu pukul 09.00-13.00 WIB. Sementara untuk Minggu libur. (Adv)

About admin

Check Also

Disbudpar Kota Tangerang: Bioskop Mulai Buka, Penonton Wajib Vaksin Dua Kali

CNNBanten.id – Seiring dengan makin menurunnya kasus Covid-19 dan dibarengi dengan adanya kelonggaran aktivitas di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!