CNNBanten.id – Tahun 2019 bukanlah tahun yang mudah. Dinamika yang terjadi baik di dalam maupun luar negeri telah menahan laju pertumbuhan ekonomi secara umum. Di tengah kondisi tersebut, PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) mampu menghadapi dan mengelola tantangan yang ada dengan sangat baik.
Dengan hasil produksinya yang dipasarkan dengan merek Roma, Torabika, bengbeng, Kopiko, Choki-Choki dengan berbagai variannya, Perseroan mampu mengatasi sulitnya pencapaian target peningkatan nilai penjualan dengan menciptakan perolehan Laba Bersih yang lebih besar dari yang ditargetkan.
Pada tahun 2019, Prseroan berhasil meraih kenaikan nilai Penjualan hingga sebesar Rp. 966 miliar disbanding tahun 2018 atau dari Rp. 24,06 triliun pada tahun 2018 menjadi sebesar Rp. 25,03 triliun pada tahun 2019. Dari total penjualan tersebut perseroan berhasil memperoleh laba usaha sebesar Rp. 3,17 triliun atau meningkat lebih dari 20% disbanding tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp. 2,63 triliun.
Pada tahun 2019, jumlah laba usaha yang ditargetkan adalah sebesar Rp. 3,12 triliun. Dari target tersebut, yang berhasil diperoleh adalah sebesar Rp. 3,17 triliun atau meningkat lebih dari 20% dibanding tahun sebelumnya yang tercatat diangka Rp. 2,63 triliun.
Laba Bersih yang ditargetkan untuk dicapai pada tahun 2019 adalah sebesar Rp. 1,93 triliun. Yang berhasil diperoleh sebesar Rp 2,04 triliun. Perolehan Laba Bersih ini lebih tinggi dari yang ditargetkan atau meningkat hingga sebesar 15,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dengan pencapaian tersebut, maka pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diadakan pada hari Jumat, tanggal 26 Juni 2020, diputuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp. 30,- (tiga puluh Rupiah) persaham, sehingga total yang dikeluarkan untuk dividen tunai ini adalah sebesar Rp. 670,76 miliar. Akan mulai dibagikan pada tanggal 30 Juli 2020.
Menghadapi risiko yang harus dihadapi pada tahun 2020, Perseroan akan terus melakukan inovasi dalam berbagai lini bisnis yang dimilikinya, dengan begitu produk-produk yang dihasilkan Perseroan akan selalu relevan bagi konsumen. Upaya-upaya ini kami yakini akan mampu terus menunjang kinerja keuangan jangka panjang Perseroan secara positif. Terlebih karena hasil produksi Perseroan merupakan makanan dan minuman yang sudah menjadi kebutuhan dalam konsumsi masyarakat sehari hari. (*)