Home / News / Pasca Jebolnya Sheet Pile TPA Cipeucang, Sungai Cisadane Tercemar Sampah 10 Ton

Pasca Jebolnya Sheet Pile TPA Cipeucang, Sungai Cisadane Tercemar Sampah 10 Ton

Ade Maulana
Relawan Banksasuci sedang membakar sampah TPA Cipeucang yang berhasil diangkat dari sungai Cisadane.

CNNBanten.id – Pasca tragedi jebolnya sheet pile TPA Cipeucang, Serpong, Kota Tangsel, banyak sampah yang terbawa dan akhirnya mencemari Sungai Cisadane. Tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai 10 ton.

Informasi tersebut disampaikan salah satu relawan Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Hadi Irawan, Rabu (17/6/2020).

Dia mencatat pasca robohnya sheet pile TPA Cipeucang, pada 22 Mei 2020 lalu hingga Rabu 17 Juni 2020, pencemaran sampah yang berhasil diangkat dari Sungai Cisadane mencapai 10 ton.

“Setiap hari kita naikkan sampah dari Sungai Cisadane per 20 jam mencapai 1 ton, nanti sampah kita pilah. Kita proses pengeringan dan kita bakar menggunakan mesin insenerator,” ujar Adi saat dimintai keterangan saat sedang membakar sampah dengan mesin insenerator.

Dijelaskan Adi, sampah-sampah yang diangkat dari Sungai Cisadane terdiri dari beberapa jenis sampah, antara lain sampah organik dan non organik. Di antaranya sampah limbah bahan berbahaya dan beracun (limbah B3) yang diduga juga dibuang di Sungai Cisadane.

“Iya bahkan kita sering temukan ada sampah medis seperti infus, jarum suntik, masker dan lainnya. Kemarin kita angkat sampah limbah B3 mendapati 20 jarum suntik dan beberapa infus juga masker,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Direktur Banksasuci Ade Yunus saat dijumpai sejumlah awak media mengatakan, Pemkot Tangsel kurang maksimal melakukan clean up Sungai Cisadane pasca robohnya sheet pile.

Menurutnya, Pemkot Tangsel seharusnya menggunakan amphibi untuk mengangkat sampah yang ada didasar sungai. Kata dia, yang juga menduga hasil longsoran tersebut mencapai kisaran kedalaman sepuluh meter.

“Pemkot Tangsel harusnya pakai amphibi untuk clean up sampah pasca longsor, itu kedalaman sungai mencapai sepuluh meter. Pantauan kami tadi sore sampah belum seratus persen diangkat. Bahkan sebelumnya pengangkatan sampah dilakukan dengan tenaga manusia,” tutupnya. (aul)

About admin

Check Also

Pemkot Tangerang Gencar Sosialisasi PBB dan BPHTB

CNNBanten.id – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah meminta aparat pemerintah tidak hitung-hitungan dalam memberikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!