Home / News / Sah, Pemkot Tangsel Perpanjang PSBB Hingga 28 Juni 2020

Sah, Pemkot Tangsel Perpanjang PSBB Hingga 28 Juni 2020

Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

CNNBanten.id – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jilid 3, resmi diperpanjang ke jilid 4 selama 14 hari ke depan yakni hingga 28 Juni 2020.

Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, rencana perpanjangan PSBB sudah disetujui dan diputuskan semalam, dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). “Dalam pertemuan itu, bahwa PSBB di Tangsel akan kami lanjutkan 14 hari ke depan. Peraturan walikotanya sedang dibuat dan akan dikeluarkan hari ini,” katanya ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Minggu (14/6/2020).

Lebih lanjut Ben menerangkan, perpanjangan PSBB dilakukan lantaran angka pertambahan kasus Covid-19 atau R0 masih tinggi mencapai 1,7 dari angka idealnya dibawah 1. ”Angka pertambahan kasus Covid-19 atau R0 di Tangsel masih cukup tinggi. Makanya PSBB kita lanjutkan. Ini sebagai langkah kepentingan bersama dalam menekan angka penularan,” terangnya.

Ben juga menjelaskan, PSBB jilid 4 tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Dimana terdapat banyak pengecualian yang melonggarkan sejumlah fasilitas umum beroperasi seperti tempat ibadah, mall, hingga tempat makan. Disinggung bahaya penularan Covid-19, dia mengaku, tidak khawatir adanya lonjakan kasus Covid-19 akibat pelonggaran yang dilakukan.

“Kita tidak khawatir, karena dalam pengawasan akan melibatkan pemilik atau pengelola ruko atau mall. Untuk di tempat ibadah pun sama, misalnya masjid, kita meminta para dewan pengurus untuk memperketat protokol kesehatan Covid-19. Di mall atau tempat makan pun begitu, wajib bermasker, pengunjung dikurangi 50 persen dan lainnya,” jelas pria berkacamatan, bakal calon Walikota Tangsel itu.

Ditambahkannya, pembukaan mall dan tempat makan itu menjadi salah satu strategi Pemkot Tangsel menekan angka pendapatan asli daerah (PAD) yang masih rendah akibat pandemi Covid-19.

“Hingga saat ini, PAD kita baru mencapai sekira 20 persen dari target Rp2 triliun pada tahun ini. Padahal biasanya, pertengahan tahun mencapai 50 persen. Tetapi akibat adanya pandemi, capaian 20 persen saja sudah lumayan,” tambahnya.

Terkait pembukaan mall, menurutnya hingga saat ini, hanya ada satu mall di Tangsel yang sudah beroperasi yakni Teras Kota dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sementara, Bintaro Xchange dan mall besar lainnya masih mematangkan protokol Covid-19 agar mendapat surat izin operasi dari gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Tangerang Selatan. (aul)

About admin

Check Also

Polres Lebak Polda Banten Berikan Bantuan ke Korban Kebakaran di Kampung Cepak Huni Baduy

CNNBanten.id – Pasca Kebakaran , Polres Lebak Polda Banten berikan Bantuan Sembako kepada korban kebakaran ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!