Home / News / Pemkot Luncurkan Aplikasi e-Absen Bagi SD dan SMP

Pemkot Luncurkan Aplikasi e-Absen Bagi SD dan SMP

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah launcing aplikasi e-absen di SMPN 32 Kota Tangerang, di Kecamatan Cipondoh, Selasa, (10/3).

CNNBANTEN.ID – Pemkot Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang meluncurkan aplikasi e-Absen untuk memudahkan orang tua dan guru memantau kehadiran para murid sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di sekolah.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi Wakil Wali Kota H. Sachrudin serta Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati, meluncurkan aplikasi tersebut di SMPN 32 Kota Tangerang, di Kecamatan Cipondoh, Selasa, (10/3).

“Guru dan orang tua bisa memonitor absensi putera puterinya melalui aplikasi Tangerang Live. Jadi transparansi pendidikan bisa dimonitor bersama,” kata wali kota.

Nantinya, lanjut wali kota, para guru harus terbiasa dan disiplin dalam mengisi absensi dari para murid didiknya di sekolah.

Pada acara tersebut, wali kota menyampaikan dengan diresmikannya portal absen bagi siswa SD dan SMP diharapkan meningkatkan pengawasan guru dan juga orang tua murid dalam proses belajar mengajar.

Penggunaan aplikasi e-Absen, lanjut Arief, akan dilakukan secara bertahap mulai dari tahap sosialisasi hingga tahap penggunaan oleh para tenaga pengajar maupun orang tua.

“Nantinya para guru harus terbiasa dan disiplin dalam mengisi absensi para peserta didiknya di sekolah,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati, menjelaskan, orang tua atau wali murid diharapkan mengunduh aplikasi Tangerang Live untuk bisa mengakses E-Absen.

“Tinggal unduh aja, terus input NIK siswanya. Nanti bisa lihat laporan absen siswa,” katanya.

Kata Masyati, dalam e-Absen secara teknis absensi siswa diinput oleh guru atau wali kelas. Penginputan dilakukan ketika peserta didik benar-benar masuk kelas dan mengikuti pelajaran.

“Yang input absennya pihak sekolah. Jadi, untuk absensi siswa tingkat SD diinput wali kelas setiap harinya. Sedangkan siswa tingkat SMP diinput gurunya setiap pergantian mata pelajaran,” tutupnya.
(Adv)

About admin

Check Also

Pemkot Tangerang Bersama bjb Launching Kartu Kredit Indonesia untuk Tingkatkan Transparansi Penggunaan Anggaran

TANGERANG – Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!