Home / News / HKN Ke- 55, RSUD Kota Tangerang Edukasi Masyarakat Tentang Kesehatan

HKN Ke- 55, RSUD Kota Tangerang Edukasi Masyarakat Tentang Kesehatan

Dirut RSUD Kota Tangerang dr Henny Herlina, MKM berfoto bersama usai memberikan hadiah kepada pemenang, Jumat (22/11).

TANGERANG – Dalam rangka memperingati  Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke – 55. RSUD Kota Tangerang menggelar berbagai perlombaan untuk para pegawainya  serta membuka juga peserta perlombaan dance cuci tangan tingkat SD dan SMP mulai dari hari Senin, 11 hingga 18 November 2019 dengan mengusung tema Generasi Sehat Indonesia Unggul.

Sebelum melaksanakan perlombaan seluruh para pegawai RSUD Kota Tangerang sekitar pukul 06.30. mereka senam pagi bersama di depan halaman RSUD. Usai senam, RSUD memberikan  tandamata kepada 2 orang lanjut usia (lansia) yang berusia diatas 80 tahun dan 1 orang anak usia 7 tahun yang bersemangat mengikuti senam pagi bersama.

Dalam sambutannya Direktur RSUD Kota Tangerang, dr Henny Herlina, MKM menyampaikan, dalam memperingati HKN tahun ini, pihaknya memiliki perlombaan yang dibungkus dalam empat kegiatan seperti, senam pagi bersama, lomba dance cuci tangan,  memberikan pelayanan Poli Konsultasi Gizi, pemeriksaan mata dan layanan nyeri secara gratis.

Menurut dr Henny,  kegiatan ini merupakan memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Tangerang tentang pentingnya mencuci tangan, untuk menjaga kesehatan mencuci tangan. Menurut WHO, ada enam langkah cara mencuci tangan baik dengan air mengalir yang dapat dilakukan selama 40-60 detik, ataupun dengan menggunakan cairan antiseptik yang dapat di lakukan selama 30 detik. Enam langkah cara mencuci tangan yang benar diantaranya seperti menggosok telapak tangan, menggosok punggung tangan kanan dan kiri, menggosok sela sela jari, menggosok dengan cara mengunci tangan, memutar jempol kiri dan kanan, memutar ujung kuku di telapak tangan. Keenam langkah tersebut masing-masing dilakukan dalam 4 hitungan.

Selain perlombaan tingkat SD dan SMP, RSUD juga menggelar perlombaan untuk para pegawainya  di antaranya, lomba tenis meja, bulu tangkis, catur. ”Seluruh perlombaan ini merupakan mengikuti anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes-red) agar mengedukasi masyarakat Kota Tangerang agar terus menjalankan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS-red),” jelasnya, Jumat (22/11).

Diharapkan, dalam rangkaian kegiatan perlombaan ini bisa direalisasikan dan dilaksanakan oleh masyarakat Kota Tangerang. Karena ini merupakan momentum sangat penting tentang menjaga kesehatan tubuh yang ada di diri masyarakat. ”RSUD Kota Tangerang akan terus berkomitmen mengingatkan masyarakat tentang hidup bersih dan menjaga kesehatan,” katanya.

Sekadar informasi, Panitia sebelumnya menyarankan lomba dance cuci tangan untuk tingkat SD, SMP untuk mengirimkan video dalam bentuk CD ke pihak panitia lomba RSUD.  Lomba dance cuci tangan tingkat SD,SMP yang menampilkan 10 penampilan tingkat SD dan 4 penampilan tingkat SMP. Peserta lomba awalnya dikirimkan surat undangan mengikuti lomba, untuk 10 group peserta tingkat sd dan 4 peserta tingkat smp yang penampilannya menarik, akan di undang ke rsud kota tangerang untuk mengikuti babak final. (adv)

About admin

Check Also

Bangun Sinergitas Alumni, Fokal IMM Dibentuk

CNNBanten.id – Forum Komunikasi Alumni (Fokal) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) telah resmi dilantik. Pelantikan tersebut ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!