Home / Ekonomi / Upayakan Peningkatan Iklim Mikro, Pemkot Sosialisasikan Program Cool Roofs

Upayakan Peningkatan Iklim Mikro, Pemkot Sosialisasikan Program Cool Roofs

Walikota Tangerang Arief R.Wismansyah hadir di Konsultasi Publik, Kamis (29/8/2019).

CNNBANTEN.ID – Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir dalam Konsultasi Publik Kota Tangerang untuk Peningkatan Aksi Iklim Lokal yang Partisipatif dan Inklusif serta Sosialisasi dan Pelibatan Masyarakat dalam Program Cool Roofs di Kota Tangerang, yang digelar di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Puspemkot Tangerang, Kamis (29/8/2019).

Konsultasi dan sosialisasi yang diinisiasi oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan ICLEI – Local Governments for Sustainability tersebut, dihadiri 250 peserta yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup, perusahaan, sekolah, pelaku usaha dan penggiat lingkungan.

Sebelumnya Kota Tangerang berhasil masuk sebagai finalis dalam kompetisi Million Cool Roofts Challenge yang diadakan oleh Nesta Enterprises Limited yang bermarkas di London, Inggris. Ajang itu menjadi usaha Pemerintah Kota Tangerang untuk menurunkan suhu harian rata-rata.

“Program Million Cool Roofts ini memang dilakukan untuk menurunkan suhu,” terang Walikota.

Dengan mengkampanyekan upaya penurunan efek gas rumah kaca yang salah satunya melalui bangunan dengan cat yang bersifat reflektif terhadap radiasi sinar matahari.

“Jadi nemang kualitas catnya ini beda. Jadi atap rumah dilapisi dengan cat ini, supaya suhu didalam rumah itu lebih sejuk,” tambahnya.

Lewat sosialisasi ini, Walikota berharap kualitas iklim mikro meningkat dan penggunaan penyejuk ruangan berkurang secara otomatis.

“Itu salah satu tujuannya. Tapi yang terpenting bagaimana tidak cuma dengan sosialisasi ini. Coba buat penghijauan dirumah walaupun dengan media yang kecil tetapi membawa dampak yang besar,” imbuhnya.

“Kalau Kota Tangerang dibandingkan dengan dunia ini ya kecil, tapi suatu kebaikan itu justru datangnya dari hal-hal kecil,” tukasnya. (Jod/Ule)

About admin

Check Also

Pemkot Akomodir Permintaan Pedagang, Dr Nurdin : Jika Mambo dan Anyar Selatan Dianggap Kurang Ideal, Silahkan ke Metropolis atau Shinta

TANGERANG – Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, kembali mengadakan dialog dengan para pedagang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!