Home / Nasional / Pentingnya Inovasi Dalam Pelayanan Informasi Publik

Pentingnya Inovasi Dalam Pelayanan Informasi Publik

Peserta sedang mendengarkan sambutan di AHI 2019.

CNNBANTEN.ID – Rangkaian kegiatan Anugrah Humas Indonesia (AHI) 2019 telah memasuki hari kedua yang diisi dengan berbagai materi workshop untuk peserta. Workshop terbagi dalam dua sesi (pagi & siang) dan terdapat 3 (tiga) kelas untuk setiap sesinya. Sesi pertama yang menghadirkan Kelas PPID membahas tentang Inovasi Penyajian Informasi Publik dengan pemateri Titi Susanti selaku Kabag Manajemen Pengelolaan Data dan Layanan Informasi Biro KLI Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Titi mengungkapkan, dalam pelayanan informasi publik diperlukan inovasi yang berkaitan dengan cara penyajian dan ketersedian informasi yang diberikan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Informasi wajib disediakan dan diumumkan serta harus ada perbedaan antara layanan PPID dan Non-PPID sebagai keterbukaan informasi publik,” jelasnya.

“Informasi wajib ada setiap saat, lewat jalur PPID, datanya harus dipublikasi sebagai informasi yang wajib diumumkan,” imbuhnya.

Apalagi dalam memperoleh informasi, sambung Titi, sudah menjadi hak konstitutional yang diatur dalam Pasal 28F Amandemen Kedua UUD 1945 dan Pasal 14 UU 39 Tahun 1999 tentang HAM.

“Jadi suka atau tidak suka atas alasan apapun setiap kali ada pemohon informasi datang harus dilayani,” sambung Titi Susanti.

“Dan keberhasilan dari PPID adalah dengan adanya komitmen pimpinan suatu daerah, lembaga, kementerian dan lainnya, yang mendukung dan memberi kewenangan penuh kepada PPID di instansinya masing-masing untuk melakukan pengelolaan keterbukaan informasi publik,” tukas Titi Susanti.

Sebagai informasi, terdapat dua kelas lainnya dalam Workshop Sesi I yaitu Kelas Humas Strategis yang membahas tentang Mengelola Brand Destinasi/Daerah dan Korporasi untuk Meningkatkan Awareness, Reputasi, serta Persepsi yang Baik dengan narasumber Jonathan Kriss selaku Account Manager DM-ID dan Kelas Workshop PR INDONESIA yang mengangkat tentang Stakeholders Mapping, Identifikasi & Analisa Isu, Laporan Monitoring dan Analisa Isu dibawakan oleh Aries Nugroho selaku GM Fleishman Hillard. (Jod/Ule)

About admin

Check Also

Semarak HUT ke-31 Kota Tangerang di Kecamatan Benda 

TANGERANG – Ragam kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kota Tangerang terus berlangsung di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!