Home / Banten Raya / Isak Tangis Warnai Kebekerangkatan Calon Jemaah Haji

Isak Tangis Warnai Kebekerangkatan Calon Jemaah Haji

Salahseorang jemaah haji saat memeluk saudaranya sambil mengeluarkan air mata tanda haru saat akan berangkat untuk menunaikan haji ke tanah suci Makkah, di pendopo Pemkab Lebak, Mingg (28/7/2019)

CNNBANTEN.ID  – Pelepasan Calon haji (Calhaj) kloter 53 yang berjumlah 385 orang yang dipimpin langsung Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Minggu (28/7) sekitar pukul 08.30 WIB, diwarnai isak tangis, baik pengantar maupun Calhaj.

Kepala Kementerian Agama Wilayah Lebak Akhmad Tohawi mengatakan, pemberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Lebak , kloter 53 JKG sebanyak 385 orang terdiri dari laki laki 182 orang dan 203 orang perempuan 203, ditambah sebanyak 8 orang petugas haji. Sedangkan untuk calon jemaah haji usia tertua 96 tahun dan termuda 19 tahun.” Jemaah haji usia tertua 96 tahun yaitu Sumedi Jaeli Jahidi warga Kampung. Naga 1 Kecamatan Cibeber, dan usia termuda 19 tahun yaitu Muhamad Mul Fauz warga Kampung Cikawah, Kecamtan Sobang. Agar saat proses pelaksanaan menunaikan hajinya berjalan lancar serta bisa menjaga kondisi kesehatannya. Sebab, suhu udara di Kabupaten Lebak atau Indonesia dengan Makkah, Arab Saudi berbeda,” kata Akhamad Tohawi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, H.A Bazari Syam dalam sambutannya menekankan, kepada calon jemaah haji untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya selama perjalanan menuju tanah suci dengan beristrahat. Karena, menurutnya diperlukan ketahan fisik yang cukup dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji. “Saya mengingatkan kepada seluruh calon jemaah haji, bahwa ibu bapa semua adalah jamaah haji reguler yang di selenggarakan oleh pemerintah, dan pemerintah senantiasa hadir dalam setiap kegiatan haji yang ibu bapa laksanakan. Dimulai dari indonesia sampai ke tanah suci, untuk itu tidak perlu takut atau khawatir, karena akan selalu didampingi oleh petugas dari pemerintah,” ujarnya.

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi berpesan, agar para petugas haji dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam melayani tamu Allah SWT (calon jemaah haji-red). Tidak hanya kepada petugas haji, Ade juga berharap kepada calon jemaah haji senantiasa tolong menolong sesama calon jamaah lainnya selama pelaksanaannya. “Saya berpesan kepada calon jemaah haji untuk betul-betul menjaga kesehatannya selama pelaksanaan ibadah haji, dan kepada calon jemaah haji yang masih muda agar membantu mereka yang sudah usia, dan saya berharap semoga para calon jemaah haji dapat menjadi haji mabrur dan mabruroh. Dan bisa kembali lagi ke Kabupaten Lebak dengan selamat,” pungkasnya. (bon/ule)

About admin

Check Also

Taruni Adelia dari SDN Periuk 6 Juara Lomba Mewarnai Peta Informasi Geospasial Tingkat Kota Tangerang

TANGERANG – SD Negeri Periuk 6 menjadi juara lomba “Mewarnai Peta Informasi Geospasial tahun 2024” ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!