Home / Banten Raya / Berat Isi Koper Calon Jamaah Haji Maksimal 32 Kilogram

Berat Isi Koper Calon Jamaah Haji Maksimal 32 Kilogram

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Lebak Humaedi Hakim, saat menunjukan koper di Kemanag Lebak, Rabu (24/7/2019)

CNNBANTEN.ID – Sebanyak 707 calon jamaah haji asal Lebak mulai 23-26 Juli 2019 mengumpulkan koper yang berisi barang bawaan di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebak. Koper calon jamaah tersebut diberi tanda dan identitas masing-masing calon jamaah dengan barang bawaan maksimal 32 kilogram.

Informasi di Kemenag Lebak, calon jamaah haji dari 28 kecamatan mulai mengumpulkan koper di depan ruang kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah (PHU) Kemenag Lebak. Panitia Penyelenggara Haji mengecek satu per satu identitas dari pemilik koper agar tidak tertukar dengan koper milik jamaah yang lain. Setelah memastikan koper tersebut sesuai dengan identitas pemilik dan rombongan hajinya maka calon jamaah diizinkan untuk pulang.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Lebak Humaedi Hakim menyatakan, pengumpulan koper ini dilakukan lebih awal. Tujuannya, untuk memastikan koper yang dibawa sudah sesuai identitas pemilik dan rombongannya. Sehingga panitia haji di Arab Saudi dapat mudah mengidentifikasi koper-koper yang dibawa calon jamaah agar tidak tertukar dengan yang lain. “Proses pengumpulan koper dilakukan mulai 23 sampai 27 Juli 2019. Jadi, semua calon jamaah haji kopernya dikumpulkan pekan ini, sehingga mereka tidak lagi direpotkan membawa koper saat pemberangkatan haji di pendopo Pemkab Lebak,” jelasnya.

Biaya pengangkutan koper jamaah haji ditanggung APBD Kabupaten Lebak. Nantinya, koper tersebut akan dilakukan pengecekan ulang, khususnya berat koper agar tidak melebihi batas maksimal. “Kita sudah imbau kepada calon jamaah haji untuk tidak membawa senjata tajam dan barang-barang dari besi atau stainles,” ungkapnya.

Sampai waktu pemberangkatan nanti, Humaedi Hakim menghimbau kepada para calon jemaah haji untuk bisa menjaga kesehataannya. Tujuannya, agar nanti peada pelaksanaannya bisa berjalan lancar. ”Kita harapkan tidak ada calon jemaah haji asal Lebak saat akan berangkat dalam kondisi sakit,” tandasnya.

Calon jamaah haji asal Kalanganyar Madholik mengatakan, bersyukur bisa kembali berangkat naik haji tahun ini. Dia daftar haji pada 2012 lalu dan berkesempatan berangkat bersama istrinya tahun ini. “Saya nunggu tujuh tahun untuk dapat berangkat haji tahun ini. Saya udah siap lahir batin dan mudah-mudahan pulang ke tanah air dengan sehat walafiat dan menjadi hari mabrur,” harapnya. (bon/ule)

About admin

Check Also

Bagikan UEP di Kabupaten Tangerang, Wagub Minta Dukungan DPRD Soal Penambahan Kuota

CNNBanten.id – Pembagian Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Dinas Sosial Provinsi Banten terus berlanjut. Wakil ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!