Home / News / Wakil ketua MPR RI Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, Bahas Nilai – nilai Fundamental Empat Pilar MPR

Wakil ketua MPR RI Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, Bahas Nilai – nilai Fundamental Empat Pilar MPR

Wakil ketua MPR RI Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan.

BOGOR – Wakil ketua MPR RI Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan MM., MBA Bersama Masyarakat, Pemuda dan Kader Demokrat melaksanakan kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang bertempat di Kp Parung Jambu, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat pada 28 Desember 2023 membahas tentang nilai – nilai fundamental Empat Pilar MPR RI.

“Keempat pilar MPR RI bagi bangsa Indonesia merupakan sebuah konsepsi logis, yang bertujuan untuk membentuk bangsa yang kokoh dan mencapai kemajuan, dengan landasan karakter kepribadian khas bangsa Indonesia.” Ucap Syarif Hasan kepada peserta yang hadir.

“Setiap penyelenggara dan seluruh warga negara Indonesia diharapkan memiliki keyakinan bahwa prinsip-prinsip moral keindonesiaan inilah yang akan mengantarkan pada terwujudnya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.” Sambungnya.

“dengan demikian kita sebagai warga negara harus paham tentang nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR RI tersebut. Yang pertama adalah Nilai Ketuhanan yaitu kepercayaan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa merupakan pengikhtisaran dari sila pertama Pancasila sebagai dasar negara.”

“Selanjutnya yaitu Nilai Kemanusiaan, Dimana nilai ini berkaitan dengan sila pertama dan kedua hal ini berarti bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab bersumber dari ajaran Tuhan Yang Maha Esa. Nilai Persatuan. Persatuan Indonesia sebagai perwujudan paham kebangsaan Indonesia yang dijiwai oleh sila pertama dan kedua. Ketuhanan Yang Maha Esa, serta kemanusiaan yang adil beradab. Implementasi konsep Bhineka Tunggal Ika merupakan implementasi dari sila ketiga yakni persatuan Indonesia”

“Nilai Kerakyatan Permusyawaratan suatu tata cara khas kepribadian bangsa Indonesia untuk merumuskan dan memutuskan suatu hal berdasarkan kehendak rakyat, sehingga tercapai keputusan yang berdasarkan kebulatan pendapat, dari hasil mufakat. Dimana nilai ini sama dengan nilai yang terkandung dalam pilar NKRI, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan yang terakhir yaitu Nilai Keadilan Sosial, berarti setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlakuan yang adil dalam semua segi kehidupan baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik, hukum dan kebudayan.”tutupnya dalam acara sosialisasi tersebut. (Ger)

About admin

Check Also

KPU Kota Tangerang Libatkan Ormas Kawal Pilkada Serentak yang Berkualitas

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar sosialisasi peran serta organisasi masyarakat (Ormas) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!