Home / Politik / Wakil Ketua MPR RI, Prof Dr Sjarifuddin Hasan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Wakil Ketua MPR RI, Prof Dr Sjarifuddin Hasan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Wakil Ketua MPR RI, Prof Dr Sjarifuddin Hasan sambutan dalam Pancasila Sebagai Dasar Negara.

CNNBanten.id – Majlis Permusyawatan Rakyat Republik Indonesia melalui perwakilannya yaitu Prof Dr Sjarifuddin Hasan, MM., MBA melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar mpr ri yang membahas tentang memahami nilai – nilai pancasila dalam menjalankan kehidupan bernegara. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada 14 Desember 2023 yang bertempat di Desa. Bojong Herang, kecamatan Karangtengah, kabupaten cianjur, provinsi jawa barat.

Dalam sambutannya, Prof Dr Sjarifuddin Hasan, MM., MBA menyampaikan bahwa pancasila sebagai dasar negara harus berlandaskan nilai – nilai pancasila.

” Dalam konteks dasar negara, Pancasila sebagai fondasi negara harus mengambil landasan dari nilai-nilai Pancasila. Ini dapat diinterpretasikan sangat pentingnya Pancasila sebagai media pendorong utama dalam setiap aktivitas yang dilakukan di ruang lingkup pembentukan negara.” Ucapnya.

“Kelima sila dalam Pancasila ini mencerminkan ide-ide pokok tentang manusia dan realitas secara keseluruhan, yang diyakini sebagai kebenaran oleh bangsa Indonesia dan bersumber dari karakter serta kebudayaan Indonesia yang menjadi dasar berdirinya negara ini.” Tambahnya

Selain itu, Prof Dr Sjarifuddin Hasan, MM., MBA juga menjelaskan secara rinci tentang nilai – nilai dalam setiap sila pancasila

“Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila membahas konsep tentang ketuhanan. Sila pertama ini menjadi pondasi paling mendasar untuk nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia. Setiap aspek penyelenggaraan negara harus mencerminkan nilai-nilai yang berasal dari ketuhanan.”

” Pada sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab ini Maknanya adalah sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan bantuan orang lain, kita tidak boleh egois dan harus bersikap adil. Sikap adil ini mencakup diri sendiri, orang lain, bangsa, negara, serta lingkungan sekitar, dan juga adil terhadap Tuhan Yang Maha Esa.”

“Persatuan bangsa Indonesia dapat diwakili oleh konsep “Bhineka Tunggal Ika,” yang mengandung makna bahwa meskipun berbeda-beda, namun tetap satu dalam tujuan.dimana nilai yang terkandung walaupun berbeda – beda tetapi harus bisa bersatu demi negara”

” Dalam Sila keempat yang menyatakan prinsip kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan melalui proses permusyawaratan dan perwakilan, menunjukkan bahwa Indonesia menganut sistem demokrasi.”

” Dan untuk yang terakhir adalah Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bentuk keadilan kolektif yang mencakup seluruh aspek masyarakat. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia berarti setiap individu berhak mendapatkan perlakuan yang adil, baik dalam aspek politik, hukum, ekonomi, sosial, maupun kebudayaan.” Pungkasnya

Dalam penutupnya, Prof Dr Sjarifuddin Hasan, MM., MBA mengajak untuk menerapkan Nilai-nilai pancasila kepada semua peserta yang hadir

” Nilai – nilai Pancasila ini Perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, agar masyarakat lebih memahami dan menerapkannya. Penerapan nilai-nilai Pancasila juga sebaiknya ditanamkan dalam diri individu sejak usia dini hingga dewasa.” Tutupnya dalam kegiatan sosialisasi tersebut. (Ger)

About admin

Check Also

Komisi III DPRD Kota Tangerang Apresiasi Perumda Tirta Benteng

TANGERANG – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Wawan Setiawan mengapresiasi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!