Home / Politik / SJARIFUDDIN HASAN menyampaikan tentang 4 Pilar

SJARIFUDDIN HASAN menyampaikan tentang 4 Pilar

PROF DR SJARIFUDDIN HASAN, MM., MBA selaku Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik sedang bersalaman dengan warga.

CNNBanten.id – PROF DR SJARIFUDDIN HASAN, MM., MBA selaku wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Bersama kader Demokrat Kota Bogor melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia kepada Masyarakat di Desa Banjar Wangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada 03 November 2023.

Dalam sosialisasinya ini, PROF DR SJARIFUDDIN HASAN, MM., MBA menyampaikan tentang 4 Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia yang harus dipahami dan direalisasikan oleh seluruh Masyarakat.

“Mendengar nama dari negara Indonesia, yang pasti terlintas dalam pikiran adalah besar, beragam, majemuk dan indah. Terdapat beragam suku, bangsa, ras, tradisi, budaya dan juga lainnya yang sangat beragam. Dengan adanya heterogenitas tersebut, perlu sebuah konsep, sebuah pedoman atau aturan yang mampu mengkordinir juga menjadi acuan agar heterogenitas tersebut menjadi teratur dan tidak menimbulkan perpecahan”. Ucapnya sambil membuka sosialisasi.

“Maka dari itu, pemerintah membentuk sebuah pedoman yang hingga saat ini dikenal dengan Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, dimana kami saat ini selaku Lembaga pemerintah khususnya perwakilan MPR RI gencar untuk mensosialisasikannya demi tercipta kehidupan yang baik dalam bernegara”.

“lalu apa yang dimaksud empat pilar tersebut? Empat pilar Majelis Permusyawaratn Rakyat Republik Indonesia ini merupakan pilar – pilar, tiang penyangga yang kokoh guna menciptakan kehidupan yang aman, tentram dan saling mengasihi dalam kehidupan berbangsa – bernegara yang heterogen. Apabila tiang – tiang tersebut tidak kokoh, maka negara ini pun akan hancur atau roboh. Selain itu, Empat Pilar MPR RI juga merupakan Kumpulan nilai – nilai luhur yang juga harus dipahami, dipatuhi dan diamalkan oleh seluruh Masyarakat Indonesia guna mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.” Ungkap SJARIFUDDIN HASAN.

Setelah pemaparan awal tersebut, PROF DR SJARIFUDDIN HASAN, MM., MBA menjelaskan secara rinci tentang pilar-pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia.

“ Pada dasarnya setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan juga konteks yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Seperti yang pertama, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, kedudukannya berada di atas tiga pilar yang lain. Pancasila merupakan falsafah negara dan pandangan atau cara hidup bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai cita-cita nasional. Yang kedua adalah UUD 1945 yang dimana Nilai-nilai luhur Pancasila tertuang dalam norma-norma yang terdapat dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945. Norma konstitusional UUD 1945 menjadi acuan dalam pembangunan karakter bangsa. Selanjunya ketiga adalah bentuk negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk republik. Dalam pembangunan karakter bangsa dibutuhkan komitmen terhadap NKRI. Karakter yang dibangun pada manusia dan bangsa Indonesia dalah karakter yang memperkuat dan memperkokoh komitmen terhadap NKRI dan yang terakhir adalah Bhinneka Tunggal Ika yang bertujuan untuk menghargai perbedaan atau keragaman namun tetap bersatu dalam ikatan sebagai bangsa Indonesia.” Ucap SJARIFUDDIN HASAN kepada peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Dalam penutupnya, PROF DR SJARIFUDDIN HASAN, MM., MBA mengharapkan setelah selesai acara sosialisasi tersebut, Masyarakat bisa lebih paham bahkan mengamalkan Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia sebagai nilai – nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.

“ Empat pilar MPR RI merupakan prasyarat bagi bangsa Indonesia untuk bisa berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar tersebut adalah prinsip moral yang mengarahkan kepada tecapainya kehidupan bangsa yang bersatu, berdaulat, adil dan Makmur.” Tutupnya (ger)

About admin

Check Also

Komisi III DPRD Kota Tangerang Akan Panggil BUMD

TANGERANG – Dalam rangka menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kota Tangerang, Komisi III Dewan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!