Home / Politik / Fenomena Remaja Cegat Truk, Ketua Dewan Minta Seluruh Pihak Lakukan Pengawasan Ketat

Fenomena Remaja Cegat Truk, Ketua Dewan Minta Seluruh Pihak Lakukan Pengawasan Ketat

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo.

CNNBanten.id – Fenomena anak dan remaja yang nekat mencegat truk menjadi perhatian serius sejumlah kalangan masyarakat belakangan ini.

Aksi anak dan remaja yang cenderung dilakukan demi sebuah konten dan berpotensi berujung maut tersebut, bahkan mengundang keprihatinan dari DPRD Kota Tangerang.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengatakan, seluruh pihak seperti pemerintah daerah dan orang tua untuk melakukan pengawasan dengan ketat sebagai upaya pencegahan.

Menurut Gatot, maraknya fenomena mencegat truk dengan alasan kepentingan konten, lantaran telah terjadinya pergeseran moral pada era 4.0, sehingga mendorong anak dan remaja yang cenderung masih labil ingin viral di media sosial.

Gatot mengatakan, peran keluarga terutama dari orang tua sangat berperan dalam mengawasi aktivitas anak dan remaja untuk tidak melakukan kegiatan negatif. Dia menyebut, maraknya fenomena remaja mencegat truk sebagai peringatan bagi para orang tua.

“Perlu pengawasan yang kuat dari orang tua karena pendidikan yang paling kuat itu kuat dari keluarga,” ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, pemerintah daerah melalui instansi-instansinya seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata perlu memberikan ruang aktualisasi kepada para anak dan remaja.

“Misalkan kegiatan pertandingan olahraga antar anak sekolah, ada tampilan seni budaya antar anak sekolah,” tuturnya.

Selain itu, instansi Satpol PP dan Dinas Perhubungan juga harus melakukan fungsi kontrolnya dalam mengawasi remaja ketika berada di lapangan.

“Dari pemda semacam fungsi kontrol pengawasan di tempat-tempat tititik strategis yang menjadi tempat nongkrong anak sekolah kalau pulang sekolah. Jadi, perlu tindak pencegahan dari Dishub atau Satpol PP, sifatnya jangan hanya musiman, harus berkesinambungan karena harus ada pengawasan yang kuat,” jelasnya.

Gatot menambahkan, para anak dan remaja sangat perlu mengenyam pendidikan agama sesuai ajaran dan keyakinannya serta pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan, yang tentunya diharapkan bisa mendorong ke arah yang positif.

“Sebenarnya semangat dasar orang Indonesia kan gotong royong, saling menghormati, tidak saling merugikan, ini kan mulai berkurang. Makanya pemerintah harus melakukan pendidikan edukasi kepada siswa siswi,” pungkasnya. (dra)

About admin

Check Also

Dewan Minta Pengusaha Prioritaskan Lowongan Kerja untuk Warga Lokal

CNNBanten.id – Wakil Ketua III DPRD Kota Tangerang Tengku Iwan Jayasyahputra mengapresiasi elemen masyarakat Kota ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!