Home / Ekonomi / Bangun Generasi Cerdas, PKM Mahasiswa Sastra Unpam Edukasi Remaja di Teluknaga

Bangun Generasi Cerdas, PKM Mahasiswa Sastra Unpam Edukasi Remaja di Teluknaga

Lima mahasiswa Unpam studi Sastra Indonesia gelar Pengabdian Kepada Masyarakat lewat program edukasi.

CNNBanten.id – Mahasiswa Fakultas Sastra Indonesia, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan berinovasi dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai ajang mewujudkan generasi yang cerdas demi membangun dan mempersiapkan pribadi leadership yang lebih berkompeten.

Kegiatan ini digelar di Taman Baca Pondok, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Ada 35 remaja sekolah pertama dan menengah yang di edukasi, mereka diberikan bekal ilmu retorika dan berpidato.

Tian Rostiawati, mahasiswi Unpam Program Studi Sastra Indonesia mengatakan, Pengabdian kepada masyarakat itu salah satu wujud kepedulian kepada generasi muda untuk menumbuhkan generasi yang berkualitas.

“Program PKM ini adalah salah satu bentuk keinginan kami sekaligus menjadi tugas kami untuk membangun daya akademis adik-adik kami nantinya, agar menjadi pribadi yang baik dan cerdas,” ucapnya, Sabtu, 2 April 2022.

Sesuai usung tema yang diangkat yakni “Wujudkan Generasi Cerdas Melalui Keterampilan Pidato dan Ilmu Retorika”. Tian berharap, para remaja ini dapat memberikan contoh kepada yang lain. Dia juga mengatakan keprihatinan terhadap kalangan anak muda khususnya remaja saat ini.

Menurutnya, remaja sekarang kurang dalam berinteraksi sosial apalagi dalam pendidikan mereka. Katanya, kebanyakan remaja saat ini lebih kepada hanya sekadar belajar saja dan bukan kepada kebutuhan pendidikan yang sebenarnya mereka harus tumbuhkan.

“Salah satu keprihatinan saya dan temen-teman saya juga karena melihat kurangnya disiplin remaja saat ini dalam belajar. Nah, kami di sini hadir untuk mereka supaya mereka dapat bekal. Menurut saya ini penting memberikan ilmu retorika kepada adik adik ini,” ujarnya.

Senada dengan Tian, Najwa Fitriati Laila Sodiq mengatakan dirinya merasa perlu ikut andil dalam bagian program tersebut. Katanya, remaja adalah generasi bagi pertumbuhan yang sehat bagi bangsa dan negara.

“Kalau saja generasi kita gak cerdas dan gak berkualitas bagaimana dengan nasib bangsa negara kita nantinya. Jujur, aku sangat senang karena bisa membimbing para remaja, syukur yah, ikut senang banget karena lihat semangat mereka bener-bener mau kita berikan bekal sedikit ilmu kita,” ucapnya.

Sementara itu, Siti Hana Oktavia salah satu peserta yang ikut dalam program PKM mahasiswa Unpam di Taman Baca Pondok itu merasa senang, tuturnya, karena dapat pelajaran yang lebih.

“Saya senang, karena kegiatan ini saya dapat pelajaran baru yang belum saya dapat di sekolah saya,” kata Hana remaja putri yang bersekolah di SMP Al-Hikmah.

Dalam program tersebut, kelima mahasiswa yakni, Tian Rostiawati, Riska Nashirotul Aliyah, Siti Nurjanah, Najwa Fitriati Laila Sodiq, dan Dede Raisman dengan dosen pembimbing mereka yaitu NUGROHO WIDHI PRATOMO S.S, M.Pd berharap dapat melakukan kegiatan serupa agar dapat lebih memberikan kuliah gratis kepada mereka.

“Kita ingin bisa terus mengabdi kepada masyarakat terutama adik adik remaja ini supaya terus menjadi generasi yang hebat untuk merubah satu perubahan di masa datang nanti,” harapnya Tian. (Basri)

About admin

Check Also

Menyambut Tahun Baru Islam dan Hari Anak Nasional: PLN Bagikan Kado untuk 400 Anak Yatim Dhuafa

Jakarta, – Dalam rangka merayakan tahun baru Islam 1446 Hijriah dan Hari Anak Nasional, PLN ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!