Home / Banten Raya / Antisipasi Pungli: Dishub Lebak Berikan Pelatihan ke Juru Parkir

Antisipasi Pungli: Dishub Lebak Berikan Pelatihan ke Juru Parkir

Plt Kadis Perhubungan Kab Lebak Rusito.

CNNBanten.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak menggelar acara pelatihan dan bimbingan bagi para juru parkir yang di kelola Dishub setempat, Bertempat di aula kantor Dishub.

Plt Kepala Dishub Lebak, Rusito mengatakan, pelatihan dan bimbingan bagi para juru parkir ini merupakan program pemerintah pada proyek perubahan sesuai amanat peraturan bupati 2021 tentang pelayanan lalulintas.

Adapun tujuan pelatihan ini kata Rusito, untuk kenyamanan masyarakat, sekaligus melakukan penataan juru parkir. Untuk materi pelatihan kata Rusito, bukan hanya dari Dishub saja, melainkan juga dari Satlantas, TNI dan Bank BJB.

“Juru parkir ini kan direkrut dari masyarakat umum, nantinya setelah mengikuti pelatihan dan bimbingan ini mereka selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan juga resmi diberikan nomor register sebagai pegawai Dishub yang resmi,” kata Rusito, kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya, Senin(08/11/2021).

Lanjut Rusito, karena Lebak sudah mulai berkembang, bahkan selain KRL, tidak lama lagi Tol sesi l Rangkasbitung – Serang akan segera diresmikan. Untuk itu, SDM khususnya juru parkir harus disiapkan dengan bersertifikat dan telah mengantongi nomor register dari Dishub.

Dikatakan Rusito, untuk lahan parkir yang dikelola Dishub dan bekerjasama dengan pihak ke tiga diantaranya jalan Sunan Kalijaga, Hardiwinangun, alun-alun Rangkasbitung, Malingping, Binuangeun, Ciboleger dan Terminal Sampai Warunggung.

“Kami berharap dengan pelatihan ini bukan saja dapat mambuat ketertiban dan kenyamanan, akan tetapi dapat meningkatkan PAD dari sektor parkir itu sendiri,” tuturnya.

Adapun jumlah juru parkir yang tercatat di Dishub kata Rusito, saat ini ada 73 dan yang layak menjadi juru parkir sebanyak 57.

“Karena anggarannya minim yang ikut pelatihan saat ini baru 18 orang saja, sisanya akan mengikuti pelatihan tahun 2022 mendatang,” terang Rusito.

Toni, Salahseorang juru parkir yang ikut pelatihan mengaku, mendukung langkah Dishub yang menggelar pelatihan ini.

“Iya tentu kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, Selain kami diajarkan tata cara perparkiran dan peraturan model parkir online juga diajarkan PBB dan tata cara pengaturan lalulintas,” pungkasnya. (Ver)

About admin

Check Also

Jika Terpilih Gubernur Banten, Airin Berjanji Akan Tuntaskan Permasalahan Pendidikan

TANGERANG – Airin Rachmi Diany berjanji akan menuntaskan permasalahan pendidikan dibanten jika dirinya terpilih menjadi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!