Home / News / Peran Satgas Covid-19 Tingkat RT/RW Belum Maksimal, Airin: Tugas Baru Disiplinkan Masyarakat Protokol Kesehatan

Peran Satgas Covid-19 Tingkat RT/RW Belum Maksimal, Airin: Tugas Baru Disiplinkan Masyarakat Protokol Kesehatan

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat menjelaskan pentingnya menjaga protokol kesehatan Covid-19.

CNNBanten.id – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany akui peran Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW belum maksimal selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Airin mengatakan, Satgas Covid-19 tingkat RT/RW selama ini hanya berperan untuk mengawasi pergerakan masyarakat yang keluar masuk wilayahnya.

“Kami aktivitasi satgas Covid-19 sampai dengan level RT/RW. Namun saya evaluasi masih belum maksimal perannya,” ujar Airin saat ditemui di Balai Kota Tangsel, Jumat (23/10/2020) lalu.

“Belum maksimal dalam arti kalau dulu waktu pas awal RT/RW ini sebagai check point saja,” katanya.

Kondisi tersebut mengakibatkan kendurnya penerapan terhadap protokol kesehatan di masyarakat sekaligus bertambahnya kasus Covid-19 di Tangerang Selatan.

Data terakhir yang dicatatkan Satgas Covid-19 kota Tangerang Selatan, angka kepatuhan masyarakat terhadap protokol baru sebesar 75 persen.

Untuk itu, kata Airin, Pemerintah Kota akan menginstruksikan lurah dan camat untuk menggerakkan kembali Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW dengan tupoksi yang berbeda.

Artinya dalam PSBB kali ini, Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW akan diminta untuk mendisplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

“Di RT/RW fokusnya bukan di check point. Kalau sekarang ini bagaimana melakukan pendisiplinan terhadap masyarakat untuk mengajarkan dan mengedukasi kepada masyarakat. Ini yang kami terus dorong karena belum 100 persen bergerak secara maksimal,” ungkapnya.

Untuk diketahui, PSBB di Kota Tangerang Selatan kembali diperpanjang selama satu bulan ke depan mulai 21 Oktober sampai 19 November 2020.

Perpanjangan dilakukan karena kasus Covid-19 di Tangerang Selatan masih mengalami peningkatan.(aul)

About admin

Check Also

Pemkot Gelar Bimtek Guna Tingkatkan Kompetensi Jelang Porprov 2022

CNNBanten.id – Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!