Home / Banten Raya / Yuk! Wisata ke Gunung Luhur Ciusul, Potret Keindahan Samudera Awan Yang Ada di Lebak, Banten

Yuk! Wisata ke Gunung Luhur Ciusul, Potret Keindahan Samudera Awan Yang Ada di Lebak, Banten

Keindahan Gunung Luhur Ciusul.

CNNBanten.id – Di juluki Negeri di atas awan, destinasi obyek wisata alam Gunung Luhur Ciusul ini menyajikan pemandangan yang sangat menarik bagi pengunjung. Sebab, para pengunjung bisa menikmati panorama keindahan alam di atas ketinggian Gunung Luhur Ciusul ini.

Gunung Luhur Ciusul mempunyai ketinggian yakni 1.037 meter di atas permukaan laut (MDPL). Lokasinya terletak di kampung Ciusul, Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pemandangan Samudera awan di Gunung Luhur Ciusul dengan hamparan hutan hujan tropis ini menjadi daya tarik tersendiri. Untuk bisa menikmati pemandangan Samudera awan bisa didapatkan pada waktu pagi hari sekitar jam 05:00 Wib hingga 07:00 Wib. Meski demikian, pemandangan Samudera awan tidak selalu ada. Hal itu dikarenakan tergantung kondisi cuaca.

Baiknya para pengunjung disarankan untuk bermalam atau camp di area wisata jika ingin bisa menikmati keindahan Samudera awan tersebut. Ada juga beberapa sewa penginapan dan villa di puncak obyek wisata Gunung Luhur, fasilitas disini pun cukup memadai tersedia toilet umum, mushola, parkir kendaraan, pondok singgah dan warung.

Untuk memasuki kawasan puncak Gunung Luhur para pengunjung akan dikenakan tarif Rp.5.000;/orang, tiket parkir kendaran bermotor dikenakan Rp.10.000; dan kendaraan roda empat dikenakan tarif sebesar Rp.20.000;. Jika membawa tenda camping hanya dikenakan Rp.30.000; untuk penyewaan lahan, jika tidak membawa tenda sendiri ada tempat penyewaan tenda sebesar Rp.80.000; untuk 4 (empat) orang.

Menurut salah satu pengelola obyek wisata Gunung Luhur Ciusul, Asep Suhendar mengatakan, objek wisata alam ini dibangun dan di resmikan pada tahun 2018 lalu oleh perangkat Desa Citorek untuk meningkatkan sektor dibidang objek pariwisata di Kabupaten Lebak, Banten.

“Tahun 2018 dibangun, tapi sempat ditutup sementara tahun 2019 karena ada pembangunan jalan kan,” Kata Asep Suhendar

“Ini baru kembali dibuka pak sempat ditutup hampir 3 bulanan karena corona kan. Baru dua minggu dengan hari ini dibuka pengunjung sudah membludak gak tahu nih ada berapa ratus. Kita pun sudah mengantisipasi itu dengan menerapkan protokol kesehatan juga cek suhu tubuh, nah ini kan bapak lihat sendiri sudah disediakan pencucian tangan dan sanitizer. Kita himbau pengunjung diwajibkan memakai masker,” sambungnya Asep Suhendar kepada CNNBanten.id, Sabtu (11/7/2020).

Akses jalan menuju ke wisata Gunung Luhur pun cukup bagus dengan jalanan beraspal dan beton bisa di akses dengan kendaraan roda empat. Namun perlu hati-hati, karena jalanan tersebut berliku turun naik bahkan belokan yang sangat tajam dan sangat curam. Sisi kiri dan kanan jalan terdapat tebing menjulang bahkan beberapa jalan bersampingan langsung dengan jurang.

Untuk menuju ke wisata alam ini dari Ibu kota Lebak Rangkasbitung membutuhkan waktu tempuh sekitar 2-3 jam dengan jarak tempuh sekitar 79 km. Dari Rangkasbitung mengarah ke Cipanas-Lebak Gedong-Citorek hingga ke tempat wisata alam Gunung Luhur Ciusul. (Hasan Basri)

About admin

Check Also

WH Tinjau Kebun Pisang Cavendis di Kabupaten Lebak

CNNBanten.id – Gbernur Banten Wahidin Halim (WH) meninjau kebun pisang milik masyarakat dan kelompok tani ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!