Home / Banten Raya / Masjid Jami Anas Bani Malik Pondok Bahar Layak Jadi Percontohan Tingkat Nasional

Masjid Jami Anas Bani Malik Pondok Bahar Layak Jadi Percontohan Tingkat Nasional

Sekretaris DMI Provinsi Banten Boy Tirta sambutan dalam acara Halal Bi Halal dan Pelantikan Pengurus DKM Jami Anas Bani Malik.

CNNBanten.id – Masjid Jami Anas Bani Malik di dalam Komplek Pondok Bahar Permai layak menjadi percontohan sarana ibadah Nasional. Pasalnya, masjid ini memiliki lahan cukup luas sehingga sangat cakap untuk diusulkan ke tingkat Nasional.  

Sekretaris DMI Provinsi Banten Boy Tirta mengatakan, masjid ini tinggal mengurus kelengkapan persyaratan untuk ikut dalam ajang perlombaan percontohan tingkat Nasional. ”Saya siap menerima persyaratan Masjid Jami Anas Bani Malik untuk diusulkan ke DMI Pusat,” ujar Boy usai menghadiri halal bi halal dan pelantikan pengurus DKM periode 2020-2025, Kamis (18/6).

Menurut Boy, masjid ini sangat layak, tapi harus memiliki tiga program utama seperti,  Paud berbasis masjid, pos kesehatan berbasis masjid, pos pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid. Nah jadi tiga program utama ini nanti yang akan jadi sentral di masjid disini. ”Oleh karena itu, kami meminta ke pengurus DKM yang baru dilantik agar menjalankan program tersebut,” terangnya.

Boy melihat langsung masjid Jami Anas Bani Malik ini dari sisi sarana dan prasarana sangat layak. Ditambah fasilitas ruangan jamaah salat saja menggunakan Ac, belum lagi ruangan aula outdor cukup luas. Bahkan masjid ini memiliki gedung sarana penunjang pendidikan. selain itu, ada tiga fasilitas tempat wudu pria dan wanita. ”Saya menilai masjid ini sudah sangat layak. Tetapi ada beberapa syarat yang kurang tingggal dilengkapi saja secara bersama-sama,” papar Boy.

DMI Provinsi Banten berpesan ke pengurus DKM yang baru diharapkan mengurus tata kelola manajemen masjidnya minimal mengikuti standar organisasi, melalui buku pedoman kemasjidan tersebut dapat mampu keterbukaan informasi public, mampu merangkul masyarakat serta pengurus DKM. ”Mudah-mudahan pengurus DKM yang baru saja dilantik mampu memberikan terobosan untuk masjid tersebut,” Pungkasnya.

Perlombaan masjid percontohan tingkat Nasional ini diadakan oleh Kementerian Agama RI, DMI Pusat bekerjasama DMI seluruh Indonesia. (gun)  

About admin

Check Also

Provinsi Banten Peringkat 3 Nasional Peningkatan Produktifitas Padi 2019-2020

CNNBanten.id – Pemerintah Provinsi Banten menerima Penghargaan Bidang Pertanian 2021 sebagai Peringkat Ketiga Nasional Peningkatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!