Home / News / Camat Apresiasi Adanya Rumah Budaya Betawi Dikelurahan Karang Tengah

Camat Apresiasi Adanya Rumah Budaya Betawi Dikelurahan Karang Tengah

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rina Hernaningsih menggunting pita, Rabu (7/8/2019)

CNNBANTEN.ID – Kebudayaan betawi yang merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Kota Tangerang, keberadaanya semakin tergeser seiring dengan berkembangnya zaman saat ini.diperlukan peran aktif masyarakat khususnya para penggiat seni dan budaya,agar kebudayaan tersebut bisa dijaga dan dilestarikan.Pemerintah baik Kelurahan maupun Kecamatan selaku fasilitator masyarakat,siap bersinergi dalam dalam rangka melakukan pembinaan maupun pengembanganya,ucap Camat Karang Tengah,Matrobin saat meresmikan rumah budaya betawi di Kelurahan Karang Tengah,Kecamatan Karang Tengah,Kota Tangerang, Rabu (7/8/2019).

Ia menambahkan,bahwa rumah budaya betawi yang di gagas oleh Komunitas Seni Budaya Betawi (KSBB),yang bekerjasama dengan Kedai kopi harum manis ini,bisa di ikuti oleh komunitas penggiat seni dan budaya dikelurahan lainya di Kecamatan Karang Tengah.

“Adanya rumah budaya betawi seperti ini sangat positif,karena selain sebagai cara untuk melesatarikan kebudayaan betawi yang hampir punah,juga sebagai media untuk memperkenalkan rumah adat betawi kepada generasi muda saat ini.Selain itu rumah budaya betawi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat atau sanggar untuk latihan serta pembinaan kesenian dan kebudayaan betawi.kedepan setelah selesai penataanya,rumah budaya betawi ini,bisa kita jadikan destinasi wisata budaya di Kecamatan Karang Tengah,” jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rina Hernaningsih mengatakan,pihaknya sangat mengapresiasi kepada semua pihak khususnya masyarakat yang cinta dan peduli terhadap kebudayaan.

“Sangat baik dengan adanya rumah budaya betawi seperti ini,selain dalam rangka melestarikan kebudayaan juga tempat ini bisa di jadikan juga sebagai tempat untuk berlatih kesenian betawi seperti seni beksi,palang pintu dan lainya,” terangnya.

Saat ini di Kota Tangerang sudah ada beberapa rumah budaya yang sudah masuk di data kami,seperti di Kelurahan belendung,Kecamatan benda,di Kecamatan Karawaci dan yang baru saja kami resmikan di Kelurahan Karang Tengah,Kecamatan Karang Tengah ini.kedepan harapanya bisa tumbuh rumah budaya-rumah budaya di Kecamatan lainya di Kota Tangerang,imbuhnya.

Sementara itu Ketua KSBB Kota Tangerang, Hartoto mengatakan,bahwa rumah budaya betawi ini di bangun sebagai bentuk jepedulian dan kecintaan dirinya terhadap kebudayaan betawi.

“Saat ini rumah budaya ini masih dalam tahap penataan,kedepan kami akan terus dibangun dan dikembangkan lagi.keberadaan rumah budaya betawi ini selain sebgai tempat untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan betawi,juga akan kami jadikan sebagai pusat UKM dan kuliner khas betawi”, pungkasnya. (Cep/ule)

About admin

Check Also

Pemkot Tangerang Gencar Sosialisasi PBB dan BPHTB

CNNBanten.id – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah meminta aparat pemerintah tidak hitung-hitungan dalam memberikan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!