Home / Banten Raya / Produk UKM dan IKM di Pasarkan di Ritel Modern

Produk UKM dan IKM di Pasarkan di Ritel Modern

Bupati Iti ketika menyaksikan penandatanganan kerjasama pemasaran produk UKM dan IKM Lebak ole General Manager Coorporate Communication Alfamart Nurachman, di Plaza Lebak, Kamis (18/7/2019)

CNNBANTEN.ID – Sebanyak 15 produk usaha dan industri kecil menengah (UKM dan IKM) di Kabupaten Lebak mulai dipasarkan di ritel modern Alfamart. Produk IKM dan UKM tersebut telah melalui seleksi terlebih dahulu, sehingga produk tersebut dapat bersaing dengan produk pabrikan.

Bupati Iti Octavia Jayabaya menyatakan, ada 15 produk IKM dan UKM yang bakal dipasarkan di gerai Alfamart. Kerja sama ini diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lebak. Produk IKM dan UKM yang berkualitas akan digemari masyarakat dan akhirnya dapat memotivasi pelaku usaha lain untuk berkembang. “Baru 15 produk dan kemungkinan besar akan bertambah. Saya yakin tumbuh dan berkembangnya IKM dan UKM dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Iti Octavia Jayabaya, Kamis (18/7/2019).

Dihadapan para pelaku ekonomi kreatif lebak, Bupati Lebak menjelaskan bahwa sektor industri kecil dan menengah merupakan salah satu sektor padat tenaga kerja sehingga sangat efektif dalam penyerapan tenaga kerja, khususnya masyarakat disekitarnya. Di sektor ini juga menurut Iti merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi serta pelayanan masyarakat. ”Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak terus menumbuhkan potensi pada bidang ini dengan program yang relevan. Salah satu bukti konkrit nya yaitu mendorong pemasaran produk IKM/UKM yang bekerja sama dengan retail-retail sehingga dapat meningkatkan pertumbukan dan produktifitas para pelaku IKM dan UKM di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Ke depan, Iti berharap jumlah IKM yang melaksanakan kerjasama pemasaran produk dengan pihak retail supaya lebih banyak lagi minimal bertumbuh 100% dari jumlah tahun ini. Iti juga berharap kedepan melalui kegiatan ini  produk-produk unggulan Kabupaten Lebak dapat lebih berkembang dan đikenal tidak hanya masyarakat lebak akan tetap berekspansi ke luar Lebak, dengan terus senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. “Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Sumber Alfaria Trijaya,” tandasnya.

General Manager Coorporate Communication Alfamart Nurachman mengatakan, manajemen Alfamart ingin maju dan berkembang bersama pelaku usaha kecil dan menengah di Lebak. Untuk itu, Alfamart menyediakan gerai untuk produk IKM dan UKM sehingga produk tersebut dapat bersaing dengan produk makanan dari pabrikan. “Selain menyediakan gerai, kita juga mnggelar seminar bagi pelaku IKM dan UKM Lebak. Kita ingin transfer ilmu dan pengetahuan mengenai pengelolaan usaha agar maju dan berkembang,” kata Nurachman.

Menurutnya, melalui kegiatan ini (seminar-red) para pelaku IKM dan UKM lokal dapat memasarkan produknya di retail-retail besar sekaligus memberikan pelatihan terkait IKM itu sendiri. “Kami mengajak para IKM untuk maju bersama melalui jaringan ritel yang dimiliki Pt. Sumber Alfaria Trijaya khususnya yang ada di Lebak,” tandasnya. (bon/ule)

About admin

Check Also

Taruni Adelia dari SDN Periuk 6 Juara Lomba Mewarnai Peta Informasi Geospasial Tingkat Kota Tangerang

TANGERANG – SD Negeri Periuk 6 menjadi juara lomba “Mewarnai Peta Informasi Geospasial tahun 2024” ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!