Home / Banten Raya / Kampung Literasi Diharapkan Menyebar ke Semua Desa

Kampung Literasi Diharapkan Menyebar ke Semua Desa

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dikerpus) Kabupaten Lebak Asep Komar Hidayat, Senin (8/7/2019).

CNNBANTEN.ID  – Pasca diresmikan Kampung Literasi sebagai taman baca oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuli Maca di Kampung Cibadak, Desa Warung Banten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak bisa meyebar ke desa lainnya.

Dikatakan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dirkerpus) Lebak Asep Komar Hidayat. “Semoga bisa menjadi contoh untuk Pemerintah Desa (Pemdes) lainnya yang ada di Lebak untuk mendirikan kampung tersebut, dengan harapan bisa meningkatkan baca masyarakat,” katanya.

Menurut Asep, adanya Kampung Literasi atau taman baca bisa memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan minat baca. Sebab, kebutuhan untuk menambah wawasan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Lebak. “Untuk Perpustakaan keliling dan sejumlah TBM di Kabupaten Lebak sebagian di kecamatan sudah ada, tapi belum merata. Maka dengan diresmikannya Kampung Literasi tersebut bisa menjadi contoh untuk desa lainnya yang ada di Lebak,” terang Asep, Senin (8/7/2019).

Perlu diketahui di Kabupaten Lebak terdapat 340 desa di 28 Kecamatan. Untuk itu butuh dukungan dari berbagai stockholder untuk membangunnya. Termasuk untuk mensukseskan program Lebak Cerdas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak. “Melalui penyediaan sudut-sudut baca sesuai dengan Instruksi Bupati Lebak Nomor 041/161-Diskerpus/III/2018 tentang Penyediaan Fasilitas Perpustakaan dan Sudut Baca pada Kantor Perangkat Daerah, Ruang-ruang Publik dan Lembaga-lembaga Pelayanan Masyarakat. Saya berharap ke depan dapat melihat anak-anak tidak lagi disibukan gadget, tetapi mereka sibuk dengan membaca buku,” harapnya.

Wakil I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebak Yogi Rochmat juga berharap, keberadaan Kampung Literasi  ini bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya. Sebab, pentingnya membaca untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menekan penggunaan gadget di kalangan anak kecil dan masyarakat umumnya. ”Semoga Kampung literasi yang menjadi pusat baca bisa merambah ke daerah lainnya yang ada di Kabupaten Lebak. Terlebih Kampung Literasi tersebut merupaka imlementasi pemerintah dalam mensukseskan program Lebak Cerdas,” pungkas. (bon/ule)

About admin

Check Also

Provinsi Banten Peringkat 3 Nasional Peningkatan Produktifitas Padi 2019-2020

CNNBanten.id – Pemerintah Provinsi Banten menerima Penghargaan Bidang Pertanian 2021 sebagai Peringkat Ketiga Nasional Peningkatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!