Home / Banten Raya / Bupati: Semua OPD Diminta Sosialisasikan B2SA

Bupati: Semua OPD Diminta Sosialisasikan B2SA

Bupati Lebak Itu Octavia Jayabaya saat memeriksa sekaligus menyicipi menu makanan pada acara lomba cipta menu B2SA antar tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kecamatan di Plaza Sawarna, Kecamatan Bayah, Rabu (19/6/2019)

CNNBANTEN.ID LEBAK – Untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal. Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, untuk mensosialisasikan program tersebut. Dengan harapan agar pertumbuhan atau kesehatan masyarakat bisa tumbuh sehat. Hal tersebut diungkapkannya pada acara lomba cipta menu B2SA antar tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kecamatan di Plaza Sawarna, Kecamatan Bayah, Rabu (19/6/2019)

Kegiatan yang digagas Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial sebagai pendukung ketersediaan kuliner pangan lokal di lokasi wisata yang ada di Kabupaten Lebak. “B2SA merupakan makanan yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah seimbang antara kelompok berdasarkan citra rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat,” kata bupati Iti Octavia Jayabaya.

Agar program tersebut bisa dirasakan masyarakat, menurut Bupati Iti perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus oleh setiap instansi. Tujuannya agar memotivasi kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal. “Setiap instansi terkait perlu mengadakan gerakan secara berkesinambungan kepada masyarakat untuk memotivasi, agar dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi berbasis sumber daya lokal.” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lebak Rahmat Yuniar menambahkan, lomba cipta menu tahun ini menitikberatkan pada pengembangan pangan lokal olahan dengan pangan pokok non beras dan non terigu, serta menggali kreativitas dan inovasi pangan lokal bernilai komersial. “B2SA ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan kesehatan dan pertumbuhan fisik dan jiwa masyarakat Lebak,” kata Rahmat Yuniar.

Rahmat menambahkan, nantinya pemenang dari lomba ini akan mewakili Kabupaten Lebak pada lomba cipta menu tingkat Provinsi Banten, yang bertepatan dengan kegiatan Hari Pangan Sedunia. “Mudah-mudahan pemenang lomba cipta menu B2SA bisa ikut serta dalam lomba cipta menu pada tingkat Provinsi pada dikegiatan Hari Pangan Sedunia nanti,” tandasnya.(bon/ule)

About admin

Check Also

Taruni Adelia dari SDN Periuk 6 Juara Lomba Mewarnai Peta Informasi Geospasial Tingkat Kota Tangerang

TANGERANG – SD Negeri Periuk 6 menjadi juara lomba “Mewarnai Peta Informasi Geospasial tahun 2024” ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!