Home / Banten Raya / Kerugian Kebakaran Selama Ramadan Capai Rp1,2 Miliar

Kerugian Kebakaran Selama Ramadan Capai Rp1,2 Miliar

Koordinator Damkar Satpol PP Lebak, Anna Wahyudin, Rabu (12/6/2019). (cnnbanten.id/Abon)

CNNBANTEN.ID LEBAK – Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebak mencatat selama Ramadan terdapat enam kejadian kebakaran yang tertanggulangi dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Peristiwa kebakaran rata-rata didominasi akibat konsleting listrik dengan jumlah kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp1,2 miliar.

Koordinator Damkar Dinas Satpol PP Lebak Anna Wahyudin mengatakan, dari enam titik kejadian kebakaran yang tertanggulangi oleh pihak Damkar di antaranya di Kecamatan Malingping tiga unit rumah, cikulur 1, Cileles 1 unit pabrik sekaligus gudang yang memproduksi bahan karet, dan satu unit di Kecamatan Rangkasbitung. ”Berkat laporan warga dan kesigapan anggota, api yang membakar lima rumah dan satu pabrik karet tersebut bisa dipadamkan,” kata Anna Wahyudin, Rabu (12/6/2019).

Dia menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, dan estimasi kerugian yang mencapai kurang lebih 1,2 miliar menurutnya itu paling banyak dialami pihak pabrik yang memproduksi karet dengan nilai mencapai Rp 1 miliar lebih. ”Didalam pabrik tersebut terdapat beberapa mesin yang harganya juga ratusan juta serta kareta yang siap produksi,” ujarnya.

Semntara itu, dari enam titik lokasi kejadian dalam proses penangulangannya, kata pria yang akrab dipanggil Anong ini banyak kendala yang dihadapi mulai dari akses jalan akibat padatnya rumah penduduk dan jarak tempuh. ”Tapi alhamdulilah walaupun mengalami kendala, berkat kesiagapan anggota dan dibantu warga api bisa dipadamkam. Sehingga tidak merambah ke rumah warga lainnya,” terang Anna.

Saat disinggung, berapa jumlah armada Damkar di Satpol PP Lebak, Anna menjelaskan terdapat empat unit damkar dan unit tanki. Dari empat unit tersebut, tiga unit disimpan diwilayah kota dan satu unit di wilayah zona II untuk menanggulangi Kecamatan Malingping dan sekitarnya. ”Untuk jumlah armada Damkar, saya rasa masih kurang karena sehingga perlu adanya tambahan damkar untuk memaksimalkan pelayanan bencana kepada masyarakat,” harapnya.

Kepala Dinas Satpol PP Lebak Dartim menambahkan, agar peristiwa kebakaran bisa tertanggulangi, pihaknya mengajak masyarakat untuk segera melaporkan kejadian tersebut. ”Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengecek kondisi listrik, dan saat akan meninggalkan rumah untuk melepas tabung gas. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran,” tutupnya. (bon/ule)

About admin

Check Also

Banten International Stadium Diresmikan, Gubernur WH : Hadir Untuk Masyarakat Banten

CNNBanten.id – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) meresmikan Banten International Stadium (BIS) Jl. Raya Pandeglang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!